Bupati Situbondo Berstatus Tersangka Nyalon di Pilkada, KPK Buka Suara

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 30 Agu 2024 19:15 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka bunyi merespons langkah Bupati Situbondo Karna Suswandi nan kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka bunyi merespons langkah Bupati Situbondo Karna Suswandi nan kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka bunyi merespons langkah Bupati Situbondo Karna Suswandi nan kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2024.

Meski KPK belum mengumumkan secara resmi, berasas info nan diterima CNNIndonesia.com, Karna telah ditetapkan sebagai tersangka mengenai dengan kasus dugaan korupsi pengelolaan biaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta pengadaan peralatan dan jasa (PBJ) tahun 2021-2024.

"Sementara saya perlu memandang patokan mengenai pemilihan kepala wilayah nan sudah berstatus tersangka terlebih dahulu. Nanti rekan-rekan bisa tahu aturannya, tapi saya kudu cek terlebih dahulu," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Kantornya, Jakarta, Jumat (30/8) petang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tessa untuk saat ini hanya bisa memastikan KPK tidak masuk ke ranah politik dalam melaksanakan pekerjaan.

"Jadi, jika memang itu boleh alias tidak boleh, bisa alias tidak bisa, maka itu dikembalikan ke KPU ya sebagai lembaga nan bakal menentukan status nan berkepentingan andaikan memang sudah jadi tersangka itu bagaimana," kata dia.

Menyoal penahanan, Tessa menjelaskan perihal itu merupakan kewenangan penuh dari tim penyidik. Ia memastikan interogator tidak bakal bisa diintervensi.

Sebelumnya, KPK mengumumkan telah menetapkan dua orang sebagai tersangka mengenai dengan kasus biaya PEN dan PBJ di Situbondo. Inisial tersangka ialah KS dan EP.

"Pada tanggal 6 Agustus 2024 (KPK) telah melakukan investigasi dugaan TPK berupa penerimaan bingkisan alias janji oleh penyelenggara negara alias nan mewakilinya mengenai pengelolaan biaya PEN serta pengadaan peralatan dan jasa di Pemerintah Kabupaten Situbondo tahun 2021-2024," kata Tessa, Selasa (27/8).

Berdasarkan sumber CNNIndonesia.com, kedua tersangka dimaksud ialah Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Situbondo Eko Prionggo.

Tim interogator KPK sudah menggeledah instansi bupati dan rumah dinas, serta menyita peralatan bukti elektronik dan beberapa arsip mengenai pengadaan di Pemkab Situbondo.

(ryn/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional