Contoh Energi Terbarukan yang Menyimpan Cadangan Tak Terhingga

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Energi terbarukan alias renewable energy resources (RES) adalah sumber daya nan tersedia oleh alam dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Menurut keterangan International Energy Agency (IEA), daya terbarukan ini dapat diisi ulang secara terus-menerus lantaran berasal dari alam. 

Dilansir itpln.ac.id, istilah daya terbarukan lahir sebagai solusi dari potensi keterbatasan sumber daya tak terbarukan nan banyak digunakan sampai sekarang. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan daya tak terbarukan secara berkepanjangan mempunyai akibat negatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, daya terbarukan dapat digunakan secara berkelanjutan. 

Indonesia menjadi salah satu negara nan mempunyai potensi dan kesiapan daya terbarukan melimpah. Berikut adalah daftar sumber daya terbarukan nan mempunyai persediaan abadi, terutama di Indonesia, yaitu:

Angin

Angin merupakan sumber daya terbarukan nan paling berlimpah di dunia. Besar daya sebuah turbin angin tergantung pada diameter turbin dan kecepatan angin. Menurut Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi, potensi daya angin di Indonesia dapat mencapai 9290 megawatt.

Geotermal

Geotermal alias panas bumi merupakan daya diperoleh dari panas perut bumi nan menembus dan menyebar di seluruh muka bumi. Saat ini, daya geotermal termasuk daya nan menjanjikan dari seluruh sumber daya terbarukan lain. Berdasarkan info Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi, potensi geotermal Indonesia mencapai 27.000 megawatt.

Hydropower

Iklan

Hydropower adalah daya nan berasal dari air, ialah aliran sungai, air terjun, dan pasang surut air laut. Menurut Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi, potensi hydropower Indonesia  mencapai 4,99 x 1018 J/tahun. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai sumber hydropower berlimpah, seperti tertulis dalam ugm.ac.id.

Energi Surya

Energi surya adalah daya nan dihasilkan dari mentari dalam corak radiasi matahari. Teknologi nan digunakan untuk memanfaatkan daya surya, antara lain photovoltaic dan solar termal. Energi surya nan mencapai 1,7 persen luas daratan total Indonesia membikin potensi daya terbarukan ini sangat besar, ialah mencapai 4,80 kilowatt hour/meter persegi selama satu hari.

Bioenergi 

Bioenergi berasal dari biomassa nan menjadi salah satu corak energi terbarukan paling terkenal dan dimanfaatkan dalam beragam bidang. Bioenergi mempunyai keterkaitan dengan masalah lingkungan, seperti pemanasan global, emisi gas karbon dioksida, dan label daya hija. Adapun, jenis-jenis bioenergi sebagai berikut, yaitu:  

  • Biogas adalah hasil dekomposisi bahan-bahan organik dalam corak gas, seperti gas metan dan karbon dioksida. Selain itu, biogas juga kerap mengandung gas-gas korosif, seperti gas dari belerang.
  • Biofuel padat berasal dari organisme hidup, seperti kayu, sampah organik, dan bioarang.
  • Biofuel cair berupa biodiesel dan bioetanol. Biodiesel merupakan senyawa monoalkilester (metil ester) nan dihasilkan melalui reaksi transesterifikasi trigeliserida dengan metanol. Sementara itu, daya terbarukan bioetanol adalah etanol nan diperoleh melalui proses fermentasi biomassa dengan support mikroorganisme. 

PSE UGM
Pilihan editor: 5 Manfaat Energi Terbarukan nan Harus Dilestarikan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis