Cuaca Buruk, Tim SAR Jalan hingga 5 Jam ke Lokasi Longsor Gorontalo

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 10 Jul 2024 06:08 WIB

Tim SAR disebut butuh waktu hingga lima jam ke letak longsor Gorontalo akibat terkendala aspek cuaca. Petugas SAR dan penduduk mengevakuasi jenazah korban longsor di Desa Tulabolo, Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Foto: ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI, Kusworo menuturkan proses pemindahan dan pencarian korban longsor di area penambangan emas tanpa izin Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo masih terkendala aspek cuaca.

"Jalan menuju ke TKP jika memandang tim-tim nan sudah jalan saja relatif susah dan menyantap waktu panjang antara 4 sampai 5 jam," kata Kusworo kepada wartawan, Selasa (9/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara ini, Tim SAR campuran terdiri Basarnas, TNI, Polri dan lembaga mengenai tetap berupaya melakukan pencarian dan mengevakuasi para korban longsor nan dinyatakan lenyap berasas laporan sebanyak 39 orang.

"Menginjak hari ketiga pencarian korban, sudah terevakuasi sebanyak 23 korban meninggal bumi dan kita tetap mencari 39 korban lainnya," ungkapnya.

Untuk membantu proses pencarian para korban, Tim SAR bakal mengerahkan perangkat berat ke letak longsor, namun terkendala dengan kondisi cuaca.

Sementara ini, kata Kusworo pihaknya telah mengerahkan dua tim dari Basarnas RI dan Basarnas Manado untuk membantu proses pencarian para korban.

"Mereka memang kita sudah latih unik untuk di daerah-daerah nan memang dalam pencarian. Alhamdulillah hari ini tidak turun hujan sehingga gimana memaksimalkan proses pencarian," jelasnya.

(mir/dna)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional