Daftar Parpol Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi mengantongi support dari enam partai politik untuk maju sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024.

Partai Gerindra menjadi partai terbaru nan memberikan rekomendasi kepada Khofifah-Emil. Ketua Umum Gerindra yang juga Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan langsung support tersebut.

"Kami dari Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung mencalonkan dan mendukung ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur jawa timur untuk periode 5 tahun nan bakal datang dalam pemilihan bulan November tahun ini," kata Prabowo usai melakukan pertemuan dengan Khofifah-Emil di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (7/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mereka sudah terbukti kinerjanya prestasinya membanggakan dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Jawa Timur," tambahnya.

Partai lainnya nan telah memberikan support adalah Demokrat, Golkar, PAN, Perindo, dan PSI. Mayoritas partai pendukung Khofifah-Emil mempunyai bangku di DPRD Jatim, hanya Perindo yang tak punya kursi.

Gerindra menjadi nan terbanyak dengan 21 kursi. Disusul Golkar 15 kursi, Demokrat 11 kursi, PAN 5 kursi, dan PSI 1 kursi. Total koalisi partai pengusung Khofifah memiliki 53 bangku dari 120 bangku DPRD Jatim 2024-2029.

Sementara PKB, PDIP, PKS, dan PPP belum memutuskan pasangan cagub-cawagub Jatim nan diusung. Empat partai ini juga mempunyai bangku di DPRD Jatim.

PKB mendapat 27 kursi, PDIP 21 kursi, PKS 5 kursi, dan PPP 4 kursi. PKB yang memperoleh bangku terbanyak bisa mengusung pasangan calon sendiri tanpa kudu koalisi.

PKB membuka kesempatan untuk mengusung mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar pada Pilkada Jatim 2024. Sementara itu PDIP ingin mengusung Khofifah asal kadernya yang menjadi cawagub.

Khofifah mengatakan mau mewujudkan rekonsiliasi partai-partai nan berbeda koalisi pada Pilpres 2024 untuk mendukungnya di Pilkada 2024.

Khofifah berambisi seluruh partai politik mendukungnya berbareng Emil Dardak sebagai pasangan cagub dan cawagub Jatim.

"Yang saya maksud rekonsiliasi adalah, pada hubungan partai pengusung di Pilpres itu semaksimal mungkin kita bisa membangun keberseiringan di Jatim ini," kata Khofifah di kediamannya, bilangan Jemursari Surabaya, Kamis (6/6).

(rts/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional