Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono belakangan ini menjadi sorotan publik usai diduga menumpangi jet pribadi nan ditengarai dimiliki oleh salah satu petinggi SEA Limited, perusahaan nan menaungi e-commerce Shopee dan Garena. Isu ini tidak hanya melibatkan pasangan tersebut, tetapi juga menyeret nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena diduga mempunyai keterkaitan dengan platform e-commerce tersebut. 

Diketahui, pada awal 2021, Jokowi secara terang-terangan pernah mengkritik e-commerce asing nan mendominasi pasar Indonesia dengan menjual barang-barang impor murah. Bahkan dia menyerukan rayuan kepada masyarakat untuk tidak suka produk asing. 

"Ajakan untuk cinta produk-produk Indonesia kudu terus digaungkan. Gaungkan juga tidak suka produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta tapi juga benci. Cinta peralatan produk kita. Benci peralatan luar negeri," ujar Jokowi dalam aktivitas Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 4 Maret 2021.

Meski tidak menyebut nama secara langsung, banyak pihak nan mengaitkan kritik ini dengan Shopee. Mengingat di tahun tersebut kekuasaan Shopee di pasar Indonesia nan cukup signifikan. 

Apalagi saat itu media sosial diramaikan dengan salah satu nama seller Shopee ialah Mr. Hu nan berasal dari China. Tagar #SellerAsingBunuhUMKM pun ramai muncul di Twitter (sekarang X) lantaran Mr Hu dianggap membunuh UMKM lantaran menjual beragam produk kebutuhan rumah tangga dengan nilai nan murah.

Namun, kritik itu tampak mereda setelah Shopee dan Garena membuka dua Hub krusial di Solo Technopark pada Desember 2021, ialah Shopee Solo Creative & Innovation serta Garena Gaming & Community. Berdirinya Shopee di Solo ini pun menarik perhatian lantaran kota ini adalah kampung laman Presiden Jokowi. 

Kantor Shopee di Solo kala itu ditargetkan menyerap 2.000 tenaga kerja dari masyarakat lokal hingga 2022. "Kantor ini ditujukan untuk mendukung banyak upaya di Kota Solo," Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam aktivitas peluncuran virtual pada Senin, 11 Oktober 2021.

Kritik Jokowi juga terhenti setelah Garena Online, nan berada di bawah naungan perusahaan Sea Limited menjadi sponsor utama klub sepak bola Persis Solo, nan diketahui dimiliki oleh Kaesang Pangarep.

Persis Solo sendiri dimiliki oleh Kaesang Pangarep berbareng pengusaha Solo Kevin nugroho dan Menteri BUMN Erick Thohir. Ketiganya membeli 40 persen saham Persis Solo pada 2021 lalu. Kaesang juga tercatat pernah menjadi CEO Persis Solo pada 2023.

Hal ini kemudian menimbulkan spekulasi bahwa kritik Jokowi terhadap Shopee mulai mereda setelah SEA Group, perusahaan nan menaungi Shopee dan Garena memberikan beragam akomodasi dan support kepada Solo dan family Presiden.

Jokowi Kritik TikTok

Memasuki akhir tahun 2023, Jokowi kembali melontarkan kritiknya terhadap e-commerce, namun kali ini konsentrasi utamanya beranjak ke TikTok. Jokowi menilai semestinya TikTok berkedudukan hanya sebagai media sosial, bukan ekonomi media nan dianggap merugikan pelaku upaya lokal. 

“Itu berefek pada UMKM, pada produksi di upaya kecil, upaya mikro dan juga pada pasar," kata Presiden Jokowi usai meninjau jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu, 23 September 2024, dikutip dari Antara. 

Jokowi kemudian menata soal social commerce melalui revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Dalam patokan baru, pemerintah melarang social media seperti TikTok untuk berjualan.

Menariknya, setelah TikTok melakukan kerjasama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), kritik Jokowi terhadap TikTok perlahan mereda. TikTok pada Desember 2023 sepakat memberikan modal kepada GoTo sebesar lebih dari 75,01 persen saham senilai US$1,5 miliar (Rp23 triliun).

Iklan

“Dengan penggabungan kedua upaya tersebut, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM,” kata GoTo dalam keterangan tertulis, pada Senin, 11 Desember 2023.

PT GoTo sendiri diketahui mempunyai investasi dari BUMN ialah PT Telekomunikasi Selular alias Telkomsel. Telkomsel telah berinvestasi di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias (Gojek) pada sekitar November 2020. Investasi itu bersambung hingga Gojek merger dengan Tokopedia menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. pada Mei 2021.

Namun, investasi tersebut menuai kontroversi lantaran Telkom sempat dilaporkan mencatatkan unrealized loss atau kerugian nan belum terealisasi sebesar Rp 881 miliar dalam laporan finansial kuartal I 2022.

Selain itu, dugaan kerugian investasi BUMN di saham GoTo dikaitkan dengan posisi Garibaldi Thohir nan merupakan salah satu pemegang saham GoTo sekaligus komisaris utama perusahaan. Garibaldi Thohir adalah kerabat kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir. Banyak pihak menduga investasi perusahaan milik negara di GoTo berpotensi menimbulkan bentrok kepentingan.

Kaesang Diduga Mendapat Jet Pribadi dari Gang Ye

Konglomerat asal Singapura sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, Gang Ye diduga mempunyai jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE. Jet pribadi tersebut akhir-akhir ini disoroti masyarakat Indonesia lantaran diduga digunakan oleh putra bungsu dan menantu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk pelesiran ke Amerika Serikat.

Sebagai petinggi di Sea Limited, Gang Ye menaungi sejumlah anak perusahaan, seperti raksasa e-commerce Shopee dan Garena, unit upaya nan memproduksi game terkenal Free Fire. Adapun mengenai jet pribadi Gang Ye nan diduga memfasilitasi Kaesang dan Erina dikabarkan berasosiasi dengan Shopee dan Garena nan membuka instansi di Solo saat Gibran Rakabuming Raka, kakak Kaesang, menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia, nan keberatan namanya disebutkan, mengakui bahwa dalam tiga tahun belakang SEA Group cukup dekat dengan family Jokowi, termasuk Kaesang. Terlebih Shopee sekarang mempunyai dua instansi di Solo, ialah di Solo Paragon Mall dan Solo Technopark. Isu jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono, kata narasumber ini, juga menjadi pembicaraan di antara karyawan. 

“Sepertinya mungkin saja jet pribadi itu miliki petinggi Shopee,” kata sumber tersebut. 

Ekonom UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat meminta Kaesang Pangarep menjelaskan kepada publik ihwal dugaan penggunaan jet pribadi untuk ke Amerika Serikat berbareng sang istri, Erina Gudono. Apalagi persoalan penggunaan pesawat jet pribadi oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu sudah menjadi sorotan publik. 

"Kaesang dan family perlu menjelaskan kepada publik berapa biaya dan sumber biaya nan digunakan untuk menyewa jet pribadi itu," kata Achmad kepada Tempo, Ahad, 25 Agustus 2024.

Dewi Nurita, Caesar Akbar, Fajar Pebrianto, Septia Ryanthie, Raden Putri, Daniel A. Fajri, Rachel Farahdiba Regar, Aisha Saidra berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Diduga Fasilitasi Kaesang Jet Pribadi, Kekayaan Gang Ye Mencapai Rp 49,6 Triliun

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis