Eko Patrio DicalonkanMasuk Kabinet oleh PAN, Menteri Apa?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nama mantan komedian Eko Patrio atau Eko Hendro Purnomo, nan sekarang menjadi personil DPR dari PAN, digadang-gadang masuk kabinet Presiden Prabowo Subianto. 

Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, ketika dia bicara tentang kandidat partainya untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

Menurut dia, untuk Jakarta-1, dia sebenarnya mempunyai 3 kandidat ialah Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu, Eko Patrio, dan putri-nya sendiri, Zita Anjani.

Ia kemudian meralat ucapannya dan mengatakan Eko Patrio disiapkan untuk menjabat menteri di kabinet mendatang.

"Kalau di Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya," kata Zulhas, nan juga menteri perdagangan kabinet Presiden Jokowi.

Majalah Tempo jenis 5 Mei 2024, menulis tentang partai-partai nan mengincar bangku kabinet. Disebutkan bahwa PAN bakal mendukung Erick Thohir, nan sekarang Menteri BUMN, untuk menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

Baik Erick maupun Zulkifli belum menjawab pertanyaan majalah Tempo soal berita itu. Namun Ketua Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo, mengatakan usulan nama calon menteri merupoakan kewenangan ketua umum.

Drajad tidak membantah alias membenarkan berita tentang PAN mengincar posisi Menteri Perindustrian dan Menteri Kehutanan, bersaing dengan partai lain seperti Demokrat dan Golkar.

Jika betul Zulkifli bakal menyorongkan nama Eko Patrio, bisa jadi sarjana sosial lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, bakal menjabat sebagai menteri ekonomi.

Mencuatnya nama Eko, nan sekarang Ketua DPD PAN Jakarta itu, mendapat sambutan Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman. Ia menilai sosok Eko Patrio layak menjadi menteri pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Kalau potongannya, itu Eko layak juga jika jadi menteri. Kalau lihat baju ya, potongannya dengan bahannya, potongannya bagus, bahannya bagus, Eko jadi menteri. Menurut saya, pantas-pantas banget Pak Eko jadi menteri," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024, seperti dikutip Antara.

Iklan

Menurut dia, pernyataan nan dilontarkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan itu bisa saja mengindikasikan telah ada komunikasi nan dijalin dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih RI periode 2024-2049.

"Karena nan menyampaikan kan Bang Zul (Zulkifli Hasan), Bang Zul kan Ketum, tentu Ketum punya saluran komunikasi unik dengan Pak Prabowo sesama Ketum, kan. Ya, mungkin saya menduga itu didapat langsung dari Pak Prabowo," ujarnya.

Dia pun mengaku ikut senang andaikan Eko Patrio menduduki bangku menteri pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Ya, kami sih senang-senang saja, jika Eko orang Jakarta Timur juga, kan. Jadi punya kawan menteri saya. Saya ikut bangga," ucap Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Melawan dari SMA

Eko, 53 tahun, melawak dari SMA dengan mendirikan grup Seboel singkatan dari Sekelompok Bocah Eling, berbareng Jejen dan Tejo. Kelompok ini sempat menjadi juara musuh nan diadakan Radio Suara Kejayaan.

Kedua rekannya ini kemudian keluar dan digantikan Tafik Savalas dan Akri. Setelah Taufik keluar, Eko membubarkan Seboel lantaran mau kuliah di IISIP. Setelah lulus, dia berbareng Akri dan Parto mendirikan Patrio nan sempat menjadi grup musuh papan atas.

Pada 2009 dia terjun ke politik dan menjadi calon legislatif PAN untuk wilayah pemilihan Jawa Timur. Eko sukses lolos ke Senayan dan mempertahankan posisinya hingga Pemilu 2024.

Pilihan Editor Viral Cokelat Rp1 Juta Kena Pajak Rp9 Juta, Bea Cukai: Ada Tas Chanel-nya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis