Eks Walkot Malang Sutiaji Respons Kabar Dampingi Risma di Pilgub Jatim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Mantan Wali Kota Malang Periode 2018-2023 Sutiaji dikabarkan bakal jadi pasangan Tri Rismaharini (Risma) di Pilgub Jatim 2024.

Keduanya santer disebut bakal berpasangan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur penantang petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Kabar duet Risma-Sutiaji mencuat setelah foto potongan surat keputusan DPD PDIP Jatim beredar di aplikasi pesan WhatsApp, termasuk di kalangan wartawan di Surabaya. Di bawah surat itu juga tertera tanda tangan Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

CNNIndonesia.com telah mengonfirmasi kebenaran surat itu ke Said Abdullah, Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi Sulistyono Kanang, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono. Namun mereka belum memberikan respons.

Di sisi lain, Sutiaji mengaku belum bisa memberikan komentar apapun soal surat itu dan rumor pencalonannya berbareng Risma. Tapi dia juga tak membantah.

"Waduh itu saya ra iso jawab, engkok ae ya (saya enggak bisa jawab, kelak saja ya)," kata Sutiaji saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (28/8).

Sutiaji mengaku dirinya juga tetap menunggu proses di DPP PDIP. Namun dia tak menjelaskan perincian apa perihal nan sedang dia nantikan. Begitu juga saat ditanya kapan pencalonannya bakal diumumkan.

"Enggeh, masih, semuanya tetap proses nunggu dari DPP [PDIP]. Masih berkoordinasi," ujar Sutiaji.

Sutiaji sendiri merupakan Wali Kota Malang 2018-2023. Dia tercatat pernah menjadi kader Partai Demokrat.

Namun di Pilkada Kota Malang 2024, Demokrat justru resmi mengusung duet Moch Anton-Dimyati Ayatullah. Selain itu, Sutiaji juga sempat disebut bakal diusung PDIP, berpasangan dengan Ganis Rumpoko di pilkada tersebut.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bakal mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Kabar itu disampaikan Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah. Menurutnya, nama Risma nyaris pasti menjadi sosok nan bakal diusung PDIP.

"Kalau Jawa Timur Ibu Risma insya Allah confirmed," kata Said di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (27/8).

Saat ini, PDIP tetap dalam tahap komunikasi untuk menentukan calon wakil gubernur pendamping Risma. Said belum mau mengungkap daftar nama nan masuk dalam bursa cawagub.

Said menjelaskan komunikasi dilakukan dengan beragam pihak, terutama tokoh masyarakat, ustad dan berilmu ustadz setempat, dan PKB.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional