Erina Gudono-Kaesang Diduga Naik jet Pribadi Ke Amerika, Harga Sewanya Tembus Rp 308 Juta per Jam?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, diduga menyewa jet pribadi mewah untuk pergi ke Amerika Serikat (AS). Keduanya diketahui pergi ke Negeri Abang Sam lantaran Erina bakal menempuh studi S2 di University of Pennsylvania, Fakultas Social Policy and Practice (SP2).

Kabar ini mencuat di media sosial setelah salah satu warganet di akun X mengunggah tangkapan layar IG Story Erina berupa sebuah foto jendela pesawat pada Rabu, 21 Agustus 2024. "USA here we go," tulis Erina dalam keterangan foto nan diunggahnya lewat akun IG @erinagudono. 

Warganet menduga, Kaesang dan Erina pergi ke AS menggunakan jet pribadi lantaran jendela pesawat nan tidak terlihat seperti jendela pesawat komersil pada umumnya. “Also Erina Gudono pembaruan her story dari jendela pesawat nan diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony,” tulis seorang warganet dengan akun @aglioeoliopasta.

Kepercayaan warganet semakin kuat setelah memandang postingan di cerita IG dari Nadya Sofia Gudono, kakak Erina, nan mengunggah foto dari area kokpit pesawat.

Warganet kemudian menelusuri dan menemukan bukti bahwa jendela pesawat tersebut cocok dengan jendela pada pesawat Gulfstream.

“Pesawat pribadi (private jet) nan diduga dipakai Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat dari Indonesia adalah Gulfstream G650 buatan tahun 2021 dengan tail number N588SE. Data penerbangan cocok dengan keberadaan Kaesang dan Erina di AS. Clue awal dari jendela,” kata @ZakkiAmali dalam utasnya.

Melihat perihal itu, tak sedikit warganet nan mengkritik keras Erina dan Kaesang lantaran pergi menggunakan jet pribadi di tengah maraknya tindakan demonstrasi RUU Pilkada nan dinilai merusak kerakyatan dan konstitusi.

Selain itu, anak dan menantu presiden Joko Widodo alias Jokowi itu dikecam lantaran menyewa jet pribadi dengan nilai nan berbobot fantastis. Lantas, berapa nilai sewa jet pribadi nan digunakan Kaesang dan Erina ke Amerika? 

Biaya Sewa Private Jet Gulfstream G650

Mengutip situs Air Charter Advisors, Gulfstream G650 adalah salah satu jet pribadi paling mewah di dunia. Jet nan dikenal sebagai G6 ini juga menjadi salah satu jet pribadi terkenal untuk penyewaan jet jarak jauh, baik untuk penggunaan pribadi maupun keperluan militer alias pemerintah. 

Iklan

Tarif sewa Gulfstream G650 berkisar antara US$ 17.000 hingga US$ 19.750 per jam, tergantung pada model, rute, dan jumlah penumpang.

Jika dikonversikan dengan kurs rupiah saat ini (Rp 15.636 per dolar AS), maka nilai sewa jet pribadi nan digunakan Kaesang dan Erina mencapai Rp 265,8 juta hingga Rp 308,8 juta per jam.

Fasilitas Private Jet Gulfstream G650

Gulfstream G650 mempunyai jangkauan hingga 7.000 mil laut. Berkat kreasi aerodinamis canggihnya Gulfstream G mempunyai kecepatan rata-rata 566 knot dan kecepatan maksimum 710 mph. Selain itu, jet ini menawarkan kabin nan sangat tenang dan luas, dilengkapi dengan teknologi canggih. 

Fasilitas standarnya meliputi sistem audio dan video arti tinggi, televisi layar lebar 26 inci, serta ruang bagasi seluas 195 kaki kubik. 

Pesawat ini juga dilengkapi akomodasi tambahan seperti oven konveksi, wadah es besar, dan tempat penyimpanan untuk peralatan makan. Terdapat pula Wi-Fi, sistem komunikasi satelit, dan jaringan lokal nirkabel untuk pencetakan dan jasa telepon selama penerbangan.

Raden Putri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Terpopuler: Harta Sufmi Dasco, Beban Utang Negara Kian Berat hingga PBNU Siap Kelola Tambang Batu Bara di Kaltim

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis