Fakta- fakta Baru Kasus Vina Usai Pegi alias Perong Ditangkap

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Kriminal Umum Polda Jawa Barat menggelar konvensi pers mengenai perkembangan terbaru kasus pembunuhan Vina dan Rizky nan terjadi di Cirebon pada 2016 lalu.

Dalam konvensi pers itu, Pegi Setiawan namalain Pegi namalain Perong namalain Robi Irawan turut dihadirkan. Perong saat ini berstatus tersangka nan diduga membunuh Vina.

Berikut beberapa poin terbaru dalam kasus Vina usai Polda Jabar menggelar konpers:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Polisi percaya Pegi terlibat di kasus Vina

Polisi meyakini Pegi Setiawan namalain Perong namalain Robi Irawan, merupakan orang nan terlibat dalam kasus pembunuhan Vina dan Rizky nan terjadi di Cirebon, 2016 lalu.

Keyakinan polisi dari hasil pemeriksaan kepada para narapidana nan telah divonis menjalani hukuman. Keyakinan polisi juga ditambah dari hasil pemeriksaan orang tua Pegi, serta beberapa arsip nan menguatkan seperti piagam serta kartu keluarga.

"Kita yakinkan bahwa PS adalah ini, kita sudah menyita sejumlah arsip dengan identitas, kemudian motor nan digunakan kita sudah dapat STNK-nya, kita meyakini dengan sejumlah arsip piagam dan sebagainya kita yakinkan ini adalah PS alias Pegi setiawan," kata Direktur Ditreskrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan.

2. Saksi mengaku tak kenal Pegi

Meski percaya Pegi terlibat, polisi menyebut tak ada satu terpidana nan mengakui Pegi nan ditangkap adalah pelaku pembunuhan.

"Bahwa tidak ada satupun pelaku lain nan berani menerangkan PS itu ini orangnya. Padahal mereka tinggal di satu lingkungan kawan sekolah maupun kawan bermain," kata Surawan.

"Jadi lantaran memang saksi nan berani menerangkan belum ada, akhirnya kita ajak bicara para tersangka nan sudah vonis dari hati ke hati mereka menerangkan bahwa PS adalah ini orangnya sehingga kami mudah untuk melakukan pelacakan," imbuhnya.

Surawan menduga ada argumen tertentu dari para terpidana tersebut untuk mengakui Pegi adalah pelaku pembunuhan. Salah satu alasannya lantaran takut.

3. Pegi beri isyarat saat konpers

Pegi beberapa kali memberikan aktivitas isyarat saat dihadirkan dalam konpers tersebut. Ia terlihat beberapa kali menggelengkan kepalanya saat polisi menyebut peran Pegi mengeksekusi Rizky dan Vina.

"Bohong," demikian aktivitas gestur bibir Pegi.

4. Bantah bunuh Vina hingga diseret polisi

Setelah polisi rampung memberikan konvensi pers, Pegi langsung mengambil kesempatan untuk ikut berbicara. Ia mengaku seluruh tuduhan nan dilayangkan kepadanya bohong.

Petugas kepolisian langsung mengamankan Pegi. Namun, dia tetap bersikeras meneruskan pembicaraan.

Pegi membantah telah melakukan pembunuhan dalam kasus itu. Dia mengaku rela meninggal jika memang betul melakukan pembunuhan tersebut.

"Saya tidak pernah melakukan pembunuhan itu, saya rela mati," kata Pegi.

Para petugas nan berjaga di mimbar konvensi pers pun lantas segera menarik Pegi keluar dari kerumunan wartawan.

5. Polisi gugurkan 2 status DPO

Polisi menyebut dari hasil penangkapan Pegi Setiawan namalain Perong namalain Robi Irawan, menunjukkan tidak ada lagi DPO dari kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon.

Dua orang nan sebelumnya masuk dalam DPO, ialah Dani dan Andi, dinyatakan gugur. Polisi berdasar dua orang nan masuk DPO itu hanya keterangan dari para pelaku sebelumnya nan tidak dapat dibuktikan.

"Dari hasil penyelidikan, DPO hanya satu. Dua nama nan disebutkan hanya asal sebut (berdasarkan keterangan dari para terpidana lainnya)," kata Direktur Ditreskrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan.

6. Terdapat 9 terduga pelaku nan ditangkap

Direktur Ditreskrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan mengatakan dengan ditangkapnya Pegi Setiawan namalain Perong namalain Robi Irawan, total pelaku pada kasus Vina Cirebon ini, berjumlah sembilan orang. Polisi memastikan DPO dari kasus tersebut hanya satu orang dan telah tertangkap.

7. Hotman Paris minta Jokowi turun tangan

Pengacara Hotman Paris minta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan atas polemik penangkapan Pegi Setiawan namalain Perong dalam kasus pemerkosaan disertai pembunuhan Vina dan Eky nan terjadi di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016.

Hal itu Hotman sampaikan dalam akun instagram pribadinya. Hotman menyoroti penangkapan dan penetapan tersangka pada sosok Pegi nan tetap dipertanyakan keasliannya.

"Press rilis Polda Jabar 26 Mei 2024!! Aduh apa nan terjadi norma di Negeri ini?? Pak Jokowi please help!! Darurat hukum!" tulis Hotman, Minggu (26/5).

(yla/csr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional