Gibran Akan Konsultasi dengan Megawati Bahas Susunan Kabinet

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Gibran Rakabuming Raka mengatakan bakal berkonsultasi dengan para senior, termasuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, mengenai susunan kabinet pemerintahan mendatang berbareng Prabowo Subianto.

"Ya kelak ya, senior-senior, tokoh-tokoh, ketua-ketua semua kami mintai masukan nggih," kata Gibran di KPU Solo, Banjarsari, seperti diberitakan detikJateng pada Kamis (2/5).

"Tak terkecuali beliau [Megawati]," jawab Gibran ketika ditanya Presiden kelima Indonesia itu bakal dimintai masukan alias tidak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati demikian, dia mengaku belum berkomunikasi dengan Megawati untuk perihal itu. Gibran meminta publik bersabar mengenai susunan kabinet pemerintahan mendatang.

"Belum (komunikasi)," pengakuan Gibran.

"Ya ditunggu saja, kelak ditunggu saja. Untuk susunan kabinet komposisinya ditunggu saja," ucapnya.

KPU pada Rabu (20/3) resmi menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam Pilpres 2024 dengan perolehan 96.214.691 bunyi sah alias setara 58,6 persen dari 164.227.475 bunyi nasional.

[Gambas:Video CNN]

Hal tersebut membikin Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran lantaran perolehan suaranya lebih dari 50 persen bunyi nasional.

Prabowo pun sudah memastikan transisi pemerintahan dari Presiden RI periode 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) ke pemerintahannya untuk periode 2024-2029 bakal melangkah mulus.

Ia menyatakan tidak bakal ada waktu nan terbuang usai pelantikan pemerintahan baru pada 20 Oktober.

Prabowo dan Gibran awalnya diusung Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PAN. Mereka juga didukung PBB, Gelora, PSI, Garuda, dan Prima.

Setelah resmi dinyatakan sebagai pemenang Pilpres 2024, Partai NasDem nan sebelumnya mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berasosiasi dengan Prabowo. Begitu pula dengan PKB nan menyatakan bersedia gabung koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, PDIP nan sebelumnya mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pilpres 2024 hingga sekarang tetap tutup mulut mengenai jadi koalisi alias oposisi pemerintahan Prabowo dan Gibran.

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno berbicara partai baru bakal membahas langkah politiknya pada Rakernas 24-26 Mei.

"Nanti dibahas dalam Rakernas 24-26 Mei," kata Hendrawan melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (26/4).

(chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional