HUT ke-79 RI, Naik Kereta Otonom di IKN Gratis pada 17 Agustus

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 11 Agu 2024 12:50 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan naik kereta otonom cuma-cuma pada 17 Agustus dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-79. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan naik kereta otonom di IKN cuma-cuma pada 17 Agustus mendatang. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan naik kereta otonom cuma-cuma pada 17 Agustus dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-79.

"Bukan hanya untuk tamu, masyarakat juga boleh coba (kereta otonom). Biayanya tetap gratis," kata Basuki saat peninjauan kereta otonom di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti dilaporkan Antara.

Kereta otonom namalain autonomous rail transit (ART) merupakan moda transportasi massal berbasis elektrik nan tidak memerlukan rel konvensional.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kereta melaju menggunakan sistem pandu otomatis nan mengikuti marka khusus.

Basuki mengingatkan tidak semua mobil bisa masuk area Istana Negara IKN lantaran tempat tidak memadai. Kementerian Perhubungan berbareng kepolisian wilayah pun bakal mengatur mobilisasi.

Dalam seremoni HUT RI ke-79, ART dua rangkaian dengan tiga gerbong per set melayani rute tertentu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk mengangkut tamu undangan.

Satu rangkaian ART bisa mengangkut maksimal 300 penumpang. Namun jumlah gerbong dapat menyesuaikan kebutuhan.

Sementara itu PUPR sudah menyiapkan empat halte penjemputan untuk melayani masyarakat nan mau naik kereta otonom. Empat halte nan disiapkan yakni, halte Sumbu Kebangsaan Barat, halte Hotel Nusantara, halte Bank Indonesia, serta halte Grande.

Basuki berbicara empat halte siap pada 15 Agustus 2024. Hanya saja, kereta otonom tidak dapat menjemput masyarakat sembarangan sehingga disiapkan halte penjemputan.

Untuk skema penjemputan tamu negara, pemerintah menyiapkan bus listrik unik untuk mengantar tamu ke halte penjemputan.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional