Indonesia Pamer Konservasi Mangrove Tahura pada Delegasi WWF 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kementerian PUPR | CNN Indonesia

Selasa, 21 Mei 2024 14:26 WIB

Presiden Joko Widodo berbareng para pemimpin negara peserta World Water Forum 2024 memberikan bibit pohon kepada anak-anak di Tahura Ngurah Rai pada Senin (20/5). Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbareng para pemimpin negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 dalam kunjungan ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali, Senin (20/5). (Foto: CNN Indonesia/Loamy Noprizal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbareng para pemimpin negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 memberikan bibit-bibit pohon kepada anak-anak di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali pada Senin (20/5), sebagai simbol bakal generasi penerus nan melanjutkan konservasi lingkungan nan saat ini tengah dilakukan.

Hal itu dilakukan Jokowi berbareng rombongan dalam kunjungan ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, sebagai salah satu agenda WWF ke-10 nan kali ini digelar di Bali.

"Kegiatan penyerahan bibit dan penanaman pohon di Tahura merupakan pencerminan tekad berbareng untuk memajukan kerja sama dan tindakan nyata untuk pembangunan global," kata Jokowi, Senin (20/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tahura Ngurah Rai nan terletak di sepanjang muara, menggunakan teknologi kelistrikan pembangkit tenaga surya nan dilengkapi area panel surya. Area ini juga berfaedah sebagai landasan pembangkit listrik pada beragam area konservasi mangrove.

Tanaman mangrove tersebut diyakini berkedudukan krusial dalam ekosistem kehidupan manusia, antara lain dengan menyaring dan mengatur siklus air tawar, serta sebagai solusi terhadap perubahan suasana nan menakut-nakuti keragaman hayati.

Sebelumnya, Jokowi telah menegaskan pentingnya mempertahankan rimba mangrove, nan bisa menyerap dan menyimpan karbon 4-5 kali lebih tinggi daripada rimba biasa, dan dapat mendukung peningkatan kelangsungan hidup masyarakat pesisir.

Adapun panel surya di Tahura Ngurah Rai itu diadopsi dari proyek panel surya Cirata, nan merupakan proyek kerjasama Indonesia dengan Persatuan Emirat Arab. Proyek Cirata nan merupakan pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara itu diluncurkan di Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan nan sama, Jokowi dan para delegasi WWF 2024 juga memandang dan mendapat penjelasan mengenai proyek Cirata.

Tahura Ngurah Rai merupakan area rehabilitasi dan konservasi rimba mangrove nan menerapkan prinsip aliran Bali, Tri Hita Karana, nan berfokus pada keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia, dan alam. Penataan area rimba mangrove Tahura baru diresmikan Jokowi pada awal Februari 2023, berbarengan dengan peresmian Bendungan Danu Kerthi Tamblang di Kabupaten Buleleng.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional