Infrastruktur Utama Ibu Kota Baru IKN Periode 2022-2024 Rampung, Satgas: Puncaknya Selesai 2045

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Penajam Paser Utara - Pembangunan prasarana utama di Kota Nusantara alias IKN, ibu kota baru Indonesia nan dibangun pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, ialah di Kecamatan Sepaku, telah rampung.

"Sejauh ini pembangunan prasarana utama Kota Nusantara sudah diselesaikan," ujar Ketua Satuan Tugas alias Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara Danis Hidayat Sumadilaga di Penajam, Jumat, 6 September 2024.

Infrastruktur utama Kota Nusantara nan telah rampung adalah istana negara, perkantoran, rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN), jalan tol, jembatan, waduk sumber air batu, dan sejumlah akomodasi lainnya.

Kesemuanya itu merupakan bagian dari tahap pertama pembangunan ibu kota baru Indonesia, menurut Danis, dari lima tahap pembangunan Kota Nusantara nan direncanakan.

Selama periode 2022-2024 prasarana dasar nan utama selesai dibangun dan beroperasi, lanjut dia, prasarana penyediaan air minum, ketenagalistrikan, teknologi info komunikasi, pengelolaan persampahan dan air limbah untuk masyarakat pertama.

Membangun sarana utama antara lain istana kepresidenan, perkantoran dan perumahan di area inti pusat pemerintahan (KIPP), dan penginapan sektor ekonomi prioritas.

Selanjutnya, periode 2025-2029 merupakan pembangunan ibu kota baru Indonesia sebagai area inti nan tangguh, jelas dia, semua akomodasi transportasi umum sudah dapat digunakan. Dilanjutkan ekspansi area permukiman ASN, TNI dan Polri, serta perkantoran pemerintahan pusat.

"Ada juga pengembangan riset dan talenta, serta universitas unggulan, pembangunan lanjutan dan pemeliharaan prasarana dasar" ucap Danis.

Selanjutnya: Pembangunan dilanjutkan dengan lebih progresif pada 2030-2034....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis