Inisiatif Pemprov Sumsel Dongkrak Wisata Lokal dan Ekonomi Kreatif

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) aktif melakukan sejumlah inisiatif dalam rangka mendorong sektor pariwisata dan ekonomi imajinatif daerahnya.

Pemerintah menargetkan pencapaian 13,2 juta perjalanan pariwisata domestik dengan menghelat beberapa event penting, seperti Gerakan Bangga Berpariwisata di Indonesia, Festival Sriwijaya, Sriwijaya Travel Fair, dan sejumlah event lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gerakan Bangga Berpariwisata di Indonesia adalah inisiatif nasional nan bermaksud untuk mempromosikan pariwisata domestik, mendorong masyarakat Indonesia untuk menjelajahi destinasi lokal, dan meningkatkan perekonomian wilayah melalui sektor pariwisata.

Terbaru, adalah Event wilayah berskala nasional, Festival Sriwijaya 2024 nan digelar selama tiga hari pada 21 sampai 23 Juni. Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran Festival Sriwijaya sukses menarik perhatian ribuan pengunjung.

Event pariwisata nan dinantikan banyak penduduk Sumatra Selatan tersebut bermaksud untuk mengangkat kembali nilai-nilai tradisional era Kerajaan Sriwijaya nan dulu sangat berjaya.

Lebih dari itu, Festival Sriwijaya juga menjadi arena promosi kesenian dan ekonomi imajinatif lokal masyarakat Sumatra Selatan. Ada banyak stand UMKM nan menawarkan produk unggulan mereka mulai dari makanan hingga aksesori.

Dengan banyaknya produk UMKM nan hadir, Festival Sriwijaya tidak hanya menjadi daya tarik pariwisata Sumatra Selatan saja. Lebih dari itu, event pariwisata ini juga dapat menjadi motor penggerak jalannya ekonomi imajinatif Sumatra Selatan.

Selain lewat event, aktivitas ini juga didukung dengan bertambahnya area dan desa wisata nan ada di 17 kabupaten/kota.


Tentang Pemprov Sumsel

Pemprov Sumsel merupakan salah satu nan dinominasikan dalam CNN Awards. Ajang penghargaan nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Rabu (10/7) di Palembang, Sumatra Selatan.

CNN Indonesia Awards di Palembang ini merupakan arena penghargaan ketiga. Sebelumnya, CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar dan Bali.

Provinsi Sumatera Selatan mempunyai 13 kabupaten serta 4 kota, dengan ibu kota di Kota Palembang. Sejak beratus-ratus tahun lalu, wilayah ini dikenal juga dengan nama Bumi Sriwijaya.

Muasalnya, pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya nan juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Maju ke era sekarang, Provinsi Sumatra Selatan mempunyai potensi pariwisata utama berkah daya tarik budaya, sejarah, dan alam nan unik. Selain itu, sektor industri seperti pertanian, perkebunan, dan pertambangan juga menjadi tulang punggung ekonomi provinsi ini.

Dengan potensi nan dimiliki tersebut, Provinsi Sumatra Selatan berupaya untuk terus meningkatkan pariwisata dan pusat industri nan krusial di Indonesia.

(fef)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional