Janji-janji RK, Pramono, dan Dharma Bawa Jakarta Jadi Kota Global

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Ridwan Kamil, Pramono Anung, dan Dharma Pongrekun bakal mengikuti debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 pada Minggu (6/10). Tema debat ialah "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global".

Baik RK, Pramono, maupun Dharma sebelumnya sudah melemparkan beragam janji untuk menjadikan Jakarta jadi kota bertaraf global. Mereka juga sempat bicara nasib Jakarta usai tak lagi jadi ibu kota.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini janji-janji RK, Pramono, dan Dharma nan dirangkum CNNIndonesia.com.

RK-Suswono

Atasi banjir dan macet

RK mengatakan masalah mendasar nan dihadapi Jakarta, seperti banjir, polusi, dan macet kudu diatasi. Ia pun menyatakan bakal membawa konsep baru.

"Kami juga bakal membawa konsep-konsep baru kepada Jakarta, menyelesaikan masalah-masalah nan rutin, banjir, polusi, kemacetan, dan juga menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru, pasca Jakarta tidak lagi ibu kota, tapi mau melompat menjadi kota global," ujar RK di KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8).

Selain itu, RK menargetkan penanaman pohon secara masif dan menggalakkan urban densification untuk menghijaukan Jakarta dan meningkatkan kualitas udara.

Eks Gubernur Jawa Barat itu janji bakal menambah jumlah pohon di Jakarta jadi tiga kali lipat dalam setahun pertama.

Bus wisata

RK berbareng Suswono punya visi menjadikan Jakarta sebagai kota wisata bertaraf dunia dengan menyempurnakannya sesuai standar kota wisata dunia.

RK mengatakan saat ini Jakarta belum punya karakter unik sebagai kota wisata dunia. Menurutnya, salah satu contoh kota bumi ialah mempunyai bus wisata.

"Salah satu nan bakal disempurnakan adalah mendefinisikan Jakarta sebagai kota wisata bumi nan hari ini belum terlalu kelihatan. Ciri kota bumi itu satu paling gampang, ada bus wisata, warna-warni, ini kota ini belum ada," kata RK saat menghadiri deklarasi 'Relawan Berkah' di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9).

Pramono-Rano Karno

Bangun jalur unik sepeda

Pramono dan Rano berencana membangun jalan layang unik untuk sepeda dan motor seperti di negara-negara lain. Menurut Pramono, perihal ini jadi solusi kemacetan dengan mengedepankan moda transportasi ramah lingkungan.

"Jalur sepeda ada dua alternatif, sekarang negara-negara nan sudah baik, jalur sepeda itu tidak menjadi satu dengan jalur mobil. Selalu elevated," kata Pramono di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Senin (2/9), dilansir detikcom.

Pramono mengaku mendapat banyak keluhan dari penduduk mengenai jalur sepeda di Jakarta, salah satunya jalur nan terlalu kecil. Karena itu, jalur sepeda nan sudah ada perlu diperbaiki.

Waterway ke Kepulauan Seribu

Pramono janji membangun waterway alias sistem transportasi menuju Kepulauan Seribu. Menurut dia, perlu ada pikulan tetap dari dan ke Kepulauan seribu untuk meningkatkan potensi pariwisata di area tersebut.

"Di negara manapun, negara kepulauan seperti Pulau Seribu kudu ada nan namanya waterway, pikulan nan tetap ke pulau-pulau utamanya. Kalau itu terjadi, saya meyakini Pulau Seribu menjadi surga baru bagi wisata nan ada di Jakarta ini, lantaran begitu indahnya," ujar Pramono di Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Dharma-Kun Wardana

Akses internet gratis

Dharma Pongrekun-Kun Wardana berjanji bakal menyediakan akses internet cuma-cuma dengan kecepatan minimal 100 Mbps di seluruh rumah penduduk Jakarta. Program ini diharapkan bisa mengatasi kesenjangan digital serta menunjang aktivitas ekonomi masyarakat dan pendidikan anak sekolah.

"Kita menginginkan semua rumah bisa terkoneksi internet minimal 100 mega bps dan kita sudah membikin kajian kita bakal menggratiskan itu," kata Kun di Jakarta Selatan, Kamis (26/9).

Kun menjelaskan mereka bakal menggandeng operator internet swasta untuk menekan biaya.

Kartu Jakarta Aman

Selain itu, Dharma-Kun juga menjamin kemudahan akses jasa publik lewat program "Kartu Jakarta Aman". Kartu nan menjadi salah satu program unggulan pasangan tersebut ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh beragam pelayanan, mulai dari kesehatan hingga manajemen dengan lebih sigap dan terintegrasi.

"Mendapatkan prioritas di dalam pelayanan baik mendapatkan pekerjaan, baik untuk pendidikan, kesehatan, maupun transportasi," kata Dharma ketika mengikuti Deklarasi Kampanye Damai di Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/9).

(arn/tsa/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional