Jennifer Alexa Kusoema dari Club Catalina Surabaya Dinobatkan Sebagai Perenang Terbaik dalam Kejuaraan Renang Piala Walikota Surabaya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya – Atlet renang asal club Catalina Surabaya sukses menorehkan prestasi nan gemilang, dia dinobatkan sebagai perenang terbaik golongan umur (KU) terbuka sehingga mendapatkan penghargaan dari panitia dalam arena Piala Walikota Surabaya nan diselenggarakan di kolam renang Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Jawa Timur pada 25-26 Mei 2024.

Pemberian penghargaan tersebut berasas perolehan lencana nan dia dapatkan ketika mengikuti kejuaraan Piala Walikota Surabaya. Ia adalah Jennifer Alexa Kusoema kelahiran 2005 nan memulai terjun pada olahraga renang sejak dari kecil.

Saat diwawancarai dia mengatakan mencapai prestasi tersebut memerlukan waktu nan lama lantaran suatu perihal tidak bisa diperoleh secara instan. Diperlukan effort dalam latihan untuk mencapai hasil tersebut, serta mental nan kuat. “Saya juga mempunyai lingkungan nan mendukung, terutama orang tua dan coach nan telah membantu saya dalam proses latihan. Mereka juga memberi saya motivasi untuk terus berlatih dan memberikan pengarahan untuk masa depan saya. Dan saya juga tidak pernah lupa untuk selalu bermohon dan berterima kasih atas semua perjalanan dan pencapaian saya,” terangnya.

Ia berambisi setelah mencapai prestasi perenang terbaik KU terbuka, bisa lebih termotivasi untuk mencapai prestasi lain nan belum tercapai. Namun, baginya nan terpenting adalah kemajuan dalam waktu. Ia mempunyai sasaran waktunya semakin meningkat. Baginya menjadi juara adalah bonus.

Alexa juga memberikan tips kepada para perenang lain agar bisa menjadi perenang terbaik. Kuncinya adalah ⁠fokus pada diri sendiri lantaran musuh terberat adalah diri sendiri dan nan terpenting adalah bermohon dan bekerja keras.

Pelatih Alexa Coach Davi Budiman berterima kasih kepada Tuhan nan bekerja luar biasa pada Alexa.”Sebagai pembimbing kita tentunya bangga ya dengan prestasi nan bisa diraih Alexa kali ini mengingat prestasi nan sama sebelumnya pernah terjadi 11 tahun lampau di event Kejurcab (se-Surabaya) tahun 2013.Keberhasilan ini diharapkan bisa memotivasi Alexa untuk bisa berlatih lebih giat lagi untuk menghadapi event mendatang,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai dengan metode latihan nan diberikan kepada Alexa, Coach Davi mengatakan,” Nomer 1 kita terapkan dalam team ini adalah mindset, sebagaimana kita ketahui mindset ini sangat krusial di dalam proses pembentukan atlet. Apabila mindsetnya sudah bisa diarahkan dengan baik maka mau diarahkan kemanapun bakal jauh lebih mudah buat team coach,” terangnya.

Pelatih Alexa sendiri menambahkan, “Menurut saya apa nan kita alami ini luar biasa berat ya mengingat Alexa sempat terpuruk begitu lama. Bisa dibayangkan ketika 2013 bisa mendapat gelar perenang terbaik dan baru sekarang bisa mengulang. 11 tahun bukan proses nan singkat, bukan sesuatu nan instan. Bagaimana kudu memperbaiki mindset Alexa sehingga bisa kembali menemukan jati diri lagi. Itu mungkin buat saya nan paling utama saya terapkan di setiap latihan dengan selalu berkomunikasi dengan setiap atlet nan saya latih. Untuk latihan sendiri tidak ada nan khusus, hanya unik untuk Alexa ini memang kita lebih fokuskan di jarak-jarak pendek akhir-akhir ini. Hanya saja saya pribadi tetap belum puas dengan gelombang dan latihan fisiknya ya nan saat ini memang di latihan tetap minim sekali untuk latihan fisiknya. Harapan kedepan tentunya nan kurang ini bisa kita lebih tingkatkan lagi,” tutupnya.

Kejuaraan renang ini diikuti oleh 68 Club dari Jawa Timur dan 1 dari DKI Jakarta.

Post Views: 44

Selengkapnya
Sumber salamolahraga.com Olahraga
salamolahraga.com Olahraga