Jokowi Belum Bisa Pastikan Berkantor di IKN Nusantara Juli Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 09 Jul 2024 12:50 WIB

Presiden Jokowi mau kebutuhan dasar seperti listrik dan air siap terlebih dulu di IKN Nusantara. Jokowi belum bisa memastikan kapan berkantor di IKN lantaran kebutuhan listrik dan air belum siap. (Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap belum bisa memastikan kapan mulai berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Awalnya, dia dijadwalkan berkantor di IKN pada Juli 2024 ini.

Namun, terkini, Jokowi hanya menjawab dia bakal mulai berkantor di IKN jika akomodasi alias kebutuhan dasar seperti listrik dan air sudah siap.

"Airnya sudah siap belum? listriknya sudah siap belum? tempatnya sudah siap belum? jika siap, pindah," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi menyatakan sudah menerima laporan rutin dari Kementerian PUPR mengenai progres pembangunan IKN. Namun, sejauh ini kesiapan akomodasi dasar itu tetap belum rampung.

Pada kesempatan itu, dia pun belum bisa memastikan kapan Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN bakal diterbitkan.

Jokowi hanya menyebut Keppres tersebut bisa saja diterbitkan sebelum alias setelah pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Oktober 2024.

"Kita tidak mau memaksakan sesuatu nan memang belum jangan dipaksakan. Semuanya dilihat, progres lapangannya dilihat," kata dia.

Jokowi menyebut pembangunan IKN tetap terus berproses. Menurutnya, publikasi Keppres secara sah untuk menandai pemindahan Ibu Kota Indonesia juga kudu memandang kondisi pembangunan di IKN.

"Semuanya dilihat, progres lapangannya dilihat," ujarnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sebelumnya memastikan Presiden Jokowi berkantor di IKN mulai Juli.

Diana juga membeberkan progres pembangunan IKN di bawah kewenangannya untuk persiapan upacara HUT RI ke-79 sudah berkisar 82 persen.

Kementerian PUPR menargetkan agar proyek tahap awal bisa beraksi secara fungsional dan dimanfaatkan pada akhir Juli. Salah satunya, Kantor Presiden Jokowi.

Ia merinci progres penyelesaian di Kantor Presiden IKN, salah satunya pemasangan bilah sayap burung garuda nan ditarget selesai akhir Juli. Dalam waktu dekat, Sumbu Kebangsaan nan terletak di depan Istana Presiden juga dipastikan selesai.

Sejumlah instansi menteri koordinator juga ditargetkan fungsional dan bisa digunakan. Termasuk pula jalan-jalan di depan Istana Presiden juga sedang dikebut agar rampung pada Juli mendatang. Pasokan air bersih pun ditarget bisa masuk pada pertengahan Juli 2024.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional