Jokowi Kumpulkan Menteri di IKN Besok Bahas Transisi Pemerintahan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Badung, CNN Indonesia --

Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan Rapat Paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk membahas transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Moeldoko menyebut bahwa seluruh menteri termasuk Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan bakal datang pada pertemuan sidang kabinet besok Jumat (13/9).

"Saya informasikan besok pagi tanggal 13 September, para menteri kudu datang di IKN lantaran rapat paripurna. Dalam pertemuan sidang kabinet kelak bakal dibahas transisi pemerintahan itu (salah satu) diantaranya," kata Moeldoko, saat memberikan sambutan di pembukaan di aktivitas Periklindo Electric Vehicle Conference 2024, di Jimbaran, Bali, Kamis (12/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menerangkan, dalam rapat kabinet itu nan bakal dibahas mendalam gimana transisi di pemerintahan melangkah mulus, terutama sektor-sektor kritikal seperti di sektor finansial maupun ekonomi.

"Pastinya bakal membicarakan gimana transisi itu melangkah dengan mulus. Saya pikir, memang selama ini ada sebuah komplikasi nan intens, ya, pada sektor-sektor tertentu nan kritikal. Tentunya di sektor finansial ekonomi dan seterusnya sudah melangkah dengan baik. Harapan presiden adalah kelak tidak ada lagi hole alias lubang dan bisa mulus," ujarnya.

Jokowi bersama rombongan telah lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Kalimantan Timur pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyebut Jokowi bakal mulai kembali berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kaltim menjelang purnatugas sebagai Presiden.

"Presiden diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 nan bakal digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN," kata Yusuf dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Yusuf turut mendampingi Presiden berbareng dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Di IKN, Jokowi dijadwalkan melakukan sejumlah peresmian dan peletakan batu pertama pada sebagian proyek:

"Berkantor di Istana, dan tetap melakukan groundbreaking di IKN, termasuk peresmian pembangunan nan telah selesai," ujar Yusuf.

Sementara ini, Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin sidang kabinet terakhir di Istana Kepresidenan IKN pada Jumat (13/9).

Dilanjutkan pada 19-20 September bakal melakukan groundbreaking namalain peletakan batu pertama proyek ke-8. Groundbreaking kali ini dilakukan pertama kali untuk investasi asing ialah dari China dan Australia.

(kdf/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional