Jokowi Minta Maaf di Hadapan Pejabat TNI dan Polri di IKN

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo kembali meminta maaf mengenai keahlian dalam satu dasawarsa kepemimpinannya jelang purnatugas per 20 Oktober 2024.

Kali ini Jokowi menyampaikan permintaan maaf itu di depan pejabat TNI/Polri nan menghadiri pengarahan di Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur, nan disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/9).

"Saya minta maaf jika dalam 10 tahun ini, selama memimpin, ada perihal nan dirasa kurang berkenan. Ada hal-hal nan dirasa belum maksimal, baik dalam kebijakan maupun dalam kita berinteraksi," kata Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi kemudian bercerita dalam melakukan kunjungan kerja ke daerah, terkadang dia lupa untuk menegur sapa dan bersalaman baik itu dengan Kapolda, Pangdam, Kapolres maupun Dandim.

Menurut Jokowi, keluputannya itu bisa saja menjadi masalah dan tidak mengenakkan hati abdi negara nan bekerja di wilayah saat itu. 

Setelah aktivitas berakhir, Jokowi pun membujuk para pejabat TNI/Polri nan datang di IKN untuk berpotret bersama.

"Kadang saya salami, ada nan enggak saya salami, ada nan luput enggak salaman, 'wadih masa saya enggak disalami sama Presiden, padahal saya Pangdam'. Nah, saya kan enggak hapal Pangdamnya nan mana, Kapolda nan mana, jika enggak ngenalin," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi belakangan kerap berpamitan dan mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat menjelang lengser dari jabatan.

Terakhir, Jokowi meminta maaf kepada masyarakat Deli Serdang, Sumatera Utara usai meninjau pasar tradisional Delimas Lubuk Pakam, Selasa (10/9). Ia meminta maaf andaikan dalam dua periode kepemimpinannya ada sejumlah kebijakan nan kurang berkenan bagi masyarakat.

Sebelum itu, Jokowi berpamitan dengan para pedagang Pasar Soponyono, Rungkut, Surabaya, Jumat (6/9) lalu.

Pun secara formal, Jokowi menyampaikan permintaan maafnya selama menjabat sebagai Presiden Indonesia dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI, Jumat (16/8).

Jokowi mengatakan telah berupaya penuh memberikan nan terbaik. Namun, dia memahami pencapaiannya tak bisa menyenangkan semua pihak.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional