Jokowi Minta TNI-Polri Prioritaskan Perlindungan Perempuan dan Anak

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 15:20 WIB

Dalam rapat di IKN, Presiden Jokowi berpesan agar TNI dan Polri jadi lembaga pertama nan melayani dan memberi perlindungan kepada wanita dan anak. Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, berbareng sejumlah lulusan Akmil dan Akpol beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh petinggi dan anggota TNI/Polri untuk menjadi lembaga pertama nan melayani dan memberikan perlindungan kepada wanita dan anak.

Jokowi menekankan prinsip itu menurutnya kudu menjadi perhatian besar para aparat. Perlindungan anak dan wanita itu meliputi kejuaraan soal Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pelecehan seksual, hingga perundungan alias bullying.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya mau mengingatkan kembali mengenai dengan kekerasan kepada wanita dan anak," Kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada pejabat TNI/Polri di Istana Negara, IKN, Kaltim nan disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/9).

"Saya minta TNI dan Polri bisa menjadi lembaga nan pertama, sekali lagi saya minta TNI dan Polri bisa menjadi lembaga nan pertama, bagi wanita dan anak dalam mencari perlindungan," imbuhnya.

Sebab Jokowi menilai di dalam pikiran para wanita dan anak, pihak pertama nan diharapkan bisa memberikan perlindungan dan pengayoman bagi mereka adalah abdi negara TNI/Polri.

Jokowi pun meminta agar TNI memberdayakan Babinsa dan Polri untuk menerjunkan Bhabinkamtibmas nan bekerja di tingkat desa dan kelurahan guna menjadi pelindung utama khususnya bagi para wanita dan anak.

"Sebagai ujung tombak dalam pertolongan pertama," kata laki-laki nan bakal mengakhiri masa kedudukan presiden pada Oktober mendatang.

Pesan humanis

Selain itu, Jokowi juga berpesan kepada seluruh petinggi dan personil TNI/Polri agar mengedepankan sikap humanis saat berhadapan dengan masyarakat setiap harinya.

Jokowi pun mencontohkan beberapa contoh di beberapa wilayah nan menunjukkan humanisme TNI/Polri. Misalnya, Polisi nan membantu mengambil rapor anak yatim di Bandung.

Kemudian personil TNI nan membantu motor mogok seorang ibu di Pontianak hingga Polisi nan sukses membekuk oknum bersenjata di Jakarta.

"Karena seragam nan kerabat kenakan dampaknya sangat besar sekali. Jika melakukan perihal nan baik kerabat semuanya bakal dicintai dan dihormati rakyat," ujar Jokowi.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional