Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (01/10).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Jokowi datang beriringan dengan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto. Tampak di belakang mereka Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Mereka memasuki tempat upacara di Monumen Pancasila Sakti sekitar pukul 07.50 WIB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Upacara diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Presiden selaku Inspektur Upacara menerima laporan dari Komandan Upacara bahwa upacara siap dilaksanakan.

Inspektur Upacara selanjutnya memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan Republik Indonesia nan telah gugur.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Selanjutnya, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan diikuti dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Ikrar, dengan rahmat Tuhan nan Maha Esa, kami nan melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh lantaran kelengahan, kekuranganwaspadaan bangsa Indonesia terhadap aktivitas nan berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan nan dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Maka, di hadapan Tuhan nan Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian bunyi komplit Ikrar nan dibacakan oleh Puan.

Usai pembacaan Ikrar, upacara dilanjutkan dengan pembacaan angan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian, setelah menerima penghormatan kebesaran, Inspektur Upacara meninggalkan mimbar upacara.

Selesai upacara, Presiden beserta rombongan terbatas melakukan peninjauan ke sumur Lubang Buaya.

Dalam upacara kali ini, datang pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya, Menteri Koordinator bagian Perekonomian Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator bagian Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto; dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani.

Ada pula Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Mensesneg Pratikno, Mensos Saifullah Yusuf; Menteri Investasi Rosan Roeslani; Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono; Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor; hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional