Kadin Gelar Munaslub Besok, Ketua Umum Arsjad Rasjid Bakal Diganti?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dari tiap provinsi bakal menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa alias Munaslub di The Ritz Carlton, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September 2024. Sejumlah personil asosiasi itu menyebut salah satu agenda dalam Munaslub tersebut adalah mengganti Ketua Umum Kadin saat ini, ialah Arjsad Rasjid. 

“Munaslub ini bisa segera dilaksanakan dan dapat melangkah baik demi Kadin Indonesia nan kita cintai,” kata Ketua Kadin Bangka Belitung, Thomas Jusman, saat ditemui di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta Selatan, pada Jumat, 13 September 2024. 

Usulan Munaslub itu muncul dari para Ketua Umum Kadin Provinsi nan berkumpul di Kadin Indonesia. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Erwin Aksa, dan personil majelis pertimbangan menerima usulan itu secara langsung. 

Thomas mengatakan dirinya mewakili para ketua umum dan personil luar biasa Kadin untuk menyampaikan aspirasi anggota. Dia menyebut kehadiran para ketua umum ke Jakarta untuk menyikapi dinamika di internal Kadin. 

“Kami datang untuk menyikapi dinamika di Kadin Indonesia. Kami bermufakat atas dasar mufakat untuk mengusukan ke majelis pertimbangan agar melaksanakan Munaslub,” kata dia.

Dia menyebut Kadin Indonesia merupakan organisasi perkumpulan para pengusaha nan kudu netral. Selain itu, Kadin juga disebut menjadi mitra pemerintah dalam membangun pertumbuhan ekonomi. 

“Netral dan konsisten sebagai mitra strateis pemerintah nan kudu sejalan dengan pemerintah,” kata Thomas. 

Iklan

Thomas tak bicara banyak ketika ditanya siapa calon pengganti Arsjad Rasjid. Demikian juga pertanyaan tentang gimana kepemimpinan Arsjad selama menjadi ketua umum sehingga kudu digelar Munaslub ini. 

“Besok saja,” kata dia. 

Diminta tanggapan, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Erwin Aksa, setali tiga uang. Erwin memilih irit bicara tentang pertanyaan itu. 

“Tadi sudah disampaikan,” kata Erwin. 

Tempo telah menghubungi Arjad melalui nomor ponsel pribadinya untuk meminta keterangan atas rencana Munaslub nan bakal mencopotnya dari posisi sebagai ketua umum. Namun hingga buletin ini ditayangkan, Arsjad belum merespons pesan nan Tempo kirimkan. 

Pilihan Editor: Arsjad Rasjid soal Sri Mulyani, Airlangga dan Tim Prabowo Tampil Bareng: Supaya Nanti Oktober Bisa Lari

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis