Kakak Cak Imin Sebut PKB Tak Punya Hubungan Konstitusional dengan PBNU

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 19:10 WIB

Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar menyatakan partainya tak mempunyai hubungan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim di Mapolda Jatim, Jumat (9/8/2024). (CNN Indonesia/Farid)

Surabaya, CNN Indonesia --

Kakak Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar nan juga Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim mengklaim, partainya sama sekali tak mempunyai hubungan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"PBNU dengan PKB secara konstitusional ndak ada hubungan apapun," kata Gus Halim di Mapolda Jatim, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, konstitusi nan mengikat dua organisasi itu pun berbeda. PKB diatur oleh Undang-Undang Partai Politik, sedangkan PBNU dipayungi Undang-Undang tentang Organisasi Masyarakat.

"PBNU itu dengan dipayungi dengan Undang-Undang keormasan, PKB dipayungi dengan UU Parpol," ucapnya.

Meski demikian, Gus Halim mengatakan PKB tetap jadi satu kesatuan dan tak bisa dipisahkan dengan penduduk NU alias Nahdliyin.

"Kalau PKB dengan penduduk NU itu kesatuan, itu kesatuan," ujar Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi ini.

Hubungan PKB dengan PBNU sedang memanas usai kedua pihak saling lempar pernyataan ke publik.

Situasi panas itu terjadi beberapa bulan terakhir. Cekcok dimulai saat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin memimpin Tim Pengawasan Haji DPR.

Cak Imin mengkritik penyelenggaraan haji, mulai dari letak bermalam nan sempit hingga keterlambatan pelayanan transportasi. Dia membentuk Panitia Khusus Haji di DPR untuk memeriksa pekerjaan Kementerian Agama.

Sementara itu, Kemenag dipimpin oleh Menteri Yaqut Cholil Qoumas. Yaqut adalah eks Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor dan adik Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

PBNU kemudian membalas dengan membentuk Tim unik untuk mengkaji ulang hubungan PBNU dan PKB. Gus Yahya mengibaratkan NU adalah pabrik mobil dan PKB adalah mobil hasil produksi nan abnormal sistemnya.

(frd/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional