KIM Ikut Usung, Eri-Armuji Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Surabaya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Duet kader PDIP nan juga pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji resmi mendaftar sebagai pasangan calon peserta Pilkada Surabaya 2024 ke Kantor KPU Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/8).

Eri Armuji diusung 18 partai politik, termasuk beberapa para parpol nan identik dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024 lalu.

Dengan demikian nyaris dipastikan Pilkada Surabaya 2024 hanya diikuti satu paslon alias calon tunggal, ialah Eri-Armuji.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun 18 partai nan resmi mengusung pasangan petahana Eri-Armuji itu terdiri dari partai parlemen ialah PDIP, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Golkar, NasDem, dan PSI.

Kemudian partai nonparlemen ialah Perindo, Partai Garuda, Partai Ummat, PBB, Partai Gelora, Partai Buruh, Hanura dan PKN.

Ketua KPU Surabaya Soeprayitno alias Nano mengatakan pada hari kedua tahapan pendaftaran Pilkada Surabaya, pihaknya menerima pendaftaran dari Eri-Armuji nan diusung 18 partai.

"Hari kedua pendaftaran seperti nan teman-teman ketahui bahwasanya untuk bapaslon wali kota dan wakil wali kota nan hari ini mendaftar adalah diusulkan dan didukung oleh 18 partai politik se-Surabaya," kata Nano di Kantor KPU Surabaya.

Oleh lantaran itu, kata Nano, tak ada lagi partai lain tersisa di Surabaya, nan bisa mendaftarkan calonnya di hari ketiga, Kamis (29/8) besok.

"Pendaftaran hari kedua alias hari ini, di mana ada bapaslon nan diusulkan alias didukung oleh 18 partai politik. Nah sekedar diketahui, di Surabaya ini terdapat 18 partai politik, monggo teman-teman media simpulkan sendiri," ucapnya.

Namun kata Nano, pihaknya tetap bakal membuka tahapan pendaftaran paslon Pilkada Surabaya pada hari ketiga, Kamis (29/8). Pada hari terakhir pendaftaran itu kantornya membuka ruang hingga pukul 23.59 WIB.

"Jika besok hari terakhir hanya terdapat satu bapaslon, maka sebagaimana izin nan ada, KPU Surabaya bakal memperpanjang masa pendaftaran, tiga hari sebagaimana izin nan ada," ujarnya.

Jika dalam tiga hari tetap tidak ada bapaslon lain nan mendaftar, maka KPU Surabaya tetap bakal melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

"Ya kelak masuk tahapan dan agenda berikutnya pasca penelitian dan administrasi, bisa kelak pengumuman pasangan calon baru masuk ke pemeriksaan kesehatan bapaslon dan lainnya," ujar Nano.

Berdasarkan pantauan, Eri-Armuji diantar ribuan massa pendukung, relawan, dan pengurus parpol menuju KPU Surabaya pada Rabu siang ini.

Eri-Armuji terpantau naik becak diarah pendukungnya ke instansi penyelanggara pemilu itu.

"Saya dan wakil saya Pak Armuji, mendaftarkan ke KPU Surabaya hari ini. Saya terima kasih kepada partai politik nan ikut mengantarkan kami," kata Eri di KPU Surabaya.

Pada kesempatan itu, Eri sempat meminta maaf kepada masyarakat Surabaya lantaran kerumunan massa nan mengantarkannya menimbulkan kemacetan. Menurutnya, ribuan orang itu merupakan bukti support atas kesungguhan membangun Surabaya.

"Saya juga terima kasih untuk semua relawan, para ketua dan sekretaris partai pendukung. Semoga semuanya bisa guyub rukun dan gorong royong untuk perkembangan Surabaya," ujarnya.

"Saya sampaikan, minta maaf jika ada huru hara, keramaian di depan Kantor KPU Surabaya. Ini merupakan corak cinta kami, dan partai politik nan ikut membangun Surabaya," imbuh Eri.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional