KORMI JOMBANG MENGOLAHRAGAKAN MASYARAKAT DAN MEMASYARAKATKAN KEBIASAAN DAN POLA HIDUP SEHAT SEJAK USIA DINI

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
 Wiwin Sumrambah, S.P. Ketua KORMI JOMBANG membagikan susu cuma-cuma kepada seluruh siswa SD Manduro Kabuh sebagai penutup program. Foto: Wiwin Sumrambah, S.P. Ketua KORMI JOMBANG membagikan susu cuma-cuma kepada seluruh siswa SD Manduro Kabuh sebagai penutup program.

KORMI Kabupaten Jombang melaksanakan program mengenalkan olahraga dalam kehidupan sehari – hari dan membiasakan pola hidup sehat dengan mengenalkan SKJ Jadul dan Senam Poco – poco Nusantara pada anak SDN Manduro 1 dan 2 Kabuh Kab. Jombang.

Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Jombang merupakan Organisasi Olah Raga dibawah Kemenpora untuk Olah Raga nan berkarakter kerakyatan dan menggembirakan. Secara mayor jenis – jenis olah raga nan ada berasal dari permainan (rakyat) alias nan berkarakter tradisional dan senam.

 Guru SDN Maduro 1 Kabuh dengan semangat mengikuti senam dan sekaligus memberi dorongan kepada anak-anak.Foto: Guru SDN Manduro 1 Kabuh dengan semangat mengikuti senam dan sekaligus memberi dorongan kepada anak-anak.

Jenis olah raga di dalam KORMI disebut “INORGA” alias kepanjangan dari Induk Organisasi Olahraga. Dan itu semua perbedaan dengan KONI nan sama di dalam naungan Kementrian Pemuda dan Olah Raga (KEMENPORA).

 Pengenalan dan praktek langsung SKJ Jadul dan senam Poco - Poco Nusantara.Foto: Pengenalan dan praktek langsung SKJ Jadul dan senam Poco – Poco Nusantara.

Jumat 7 Juni 2024, KORMI Kabupaten Jombang melaksanakan Program Mengenalkan SKJ Jadul dan Senam Poco – poco Nusantara kepada Guru dan siswa SDN Manduro 1 dan 2 bertempat di Lapangan SDN 1 Manduro Kecamatan Kabuh wilayah paling utara Kabupaten Jombang. Diikuti sebanyak 200 (dua ratus) siswa, Ketua KORMI Jombang dan Pengurus lainnya membujuk mereka semua mempraktekkan langsung kedua senam tersebut.

 KORMI JOMBANG memberikan CD Panduan dan Music/ Lagu SKJ Jadul dan Poco - poco Nusantara.Foto: KORMI JOMBANG memberikan CD Panduan dan Music/ Lagu SKJ Jadul dan Poco – poco Nusantara.

Tidak hanya itu, setelah senam berbareng Ketua KORMI Kabupaten Jombang Wiwin Sumprambah S.P. menyerahkan CD Tutorial dan Music/ Lagu kedua senam tersebut. Kemudian mengenalkan INORGA Panahan dan semua siswa pun antusias untuk mencobanya secara bergiliran.

 KORMI Jombang mensosialisasikan INORGA Panahan pada seluruh siswa SD Manduro Kabuh.Foto: KORMI Jombang mensosialisasikan INORGA Panahan pada seluruh siswa SD Manduro Kabuh.

Orientasi Program pengenalan senam itu menurutnya lantaran senam merupakan olah raga nan paling dekat dengan kehidupan manusia, tanpa diagendakan alias direncanakan pun manusia pada dasarnya sudah melakukan aktivitas senam. Ditambah lagi, Dinas Pemuda dan Olah Raga sangat mendukung pelaksanaannya nan berkarakter kerakyatan.

 Ketua KORMI saat kami wawancarai.Foto: Ketua KORMI saat kami wawancarai.

“Membiasakan olah raga terutama senam pada anak – anak merupakan aktivitas sangat mendasar lantaran dimana tubuh nan sehat terdapat jiwa nan kuat, banyak anak baru saja masuk dan menerima beberapa materi tapi sudah mengantuk di pagi hari. Itu disebabkan jiwa belum siap untuk menerima dan mengolah input dari luar, maka dari itu kebiasaan ini seirama dengan misi KORMI ialah membiasakan olah raga sejak mini sehingga olah raga menjadi kebiasaan dan kebutuhan tubuh bakal perihal ini tidak menjadi berat nantinya,” tutur wanita nan doyan melakukan program kesukarelawanan kepemudaan ini.

 Tanggapan Kepala Sekolah SDN Manduro 2 Kabuh tentang program ini.Foto: Tanggapan Kepala Sekolah SDN Manduro 2 Kabuh tentang program ini.

Gayung bersambut, Erna Yuniati, S.Pd., Kepala Sekolah SDN Manduro 2 menuturkan bahwa program nan diselenggarakan KORMI dan DISPORA Kabupaten Jombang sangat membantu mereka dalam mengondisikan anak – anak sehingga anak – anak menjadi lebih bugar, sehat, dan ceria seperti semboyan semangat KORMI, dan semoga KORMI kemudian bisa jalin kerja sama dengan sekolah dalam aktivitas training Olah Raga tradisional nan bisa diikuti oleh anak – anak.

Dan program ini ditutup dengan pembagian susu cuma-cuma ke seluruh siswa, guru, instruktur, dan semua nan terlibat dalam program nan dilakukan dari sekolah ke sekolah tersebut.

Post Views: 3

Selengkapnya
Sumber salamolahraga.com Olahraga
salamolahraga.com Olahraga