Layanan Starlink sudah Ada di IKN, Tersedia di Area Strategis Kawasan Inti Pemerintahan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara alias OIKN mengumumkan jasa internet berbasis satelit milik miliarder Elon Musk, Starlink sudah tersedia di area IKN. OIKN bekerja-sama dengan Tony Blair Institute Indonesia nan sudah menyediakan beberapa set Starlink Flat High-Performance Kit untuk dipasang di ibu kota baru tersebut.

Senior Manager Strategic Communications Tony Blair Institute Indonesia, Tomi Soetjipto mengatakan sudah ada sepuluh Starlink Flat High-Performance Kit nan terpasang di sejumlah titik strategis di area inti pemerintahan di IKN. "Pemberian Starlink kit ini menandakan sebuah lompatan nan signifikan," katanya saat dihubungi, Ahad, 19 Mei 2024. Ia berambisi dengan kerjasama ini bisa menarik minat banyak mitra di IKN, baik nan sudah ada maupun nan bakal datang untuk mendukung.

Adapun sepuluh titik nan diminta OIKN untuk dipasang internet Starlink di area IKN, di antaranya.

1. Hutan Kota

2. Rumah Sakit Mayapada

3. Kampung Argo Mulyo

4. Kampung Bukit Raya

5. Rumah Sakit Umum Daerah Sepaku

6. Puskesmas Sepaku III

7. Resat Area dan Sentra UMKM Nusantara

Iklan

8. SMKN 1 Penajam Paser Utara

9. Pusat Pelatihan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

10. Bandara VVIP IKN

Tomi menjelaskan argumen sepuluh akomodasi publik itu dipilih menjadi tempat dipasangnya Starlink, untuk meningkatkan pelayanan publik. "Titik itu atas pengarahan OIKN, dan tentunya kami memandang titik letak nan punya nilai strategis untuk pelayanan publik," ujarnya.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa peresmian peluncuran Starlink di Indonesia bakal dilakukan langsung oleh Elon Musk berbareng Presiden Joko Widodo namalain Jokowi hari ini, Ahad, 19 Mei 2024.

"Peresmian peluncuran Starlink bakal dilakukan Elon berbareng Presiden Jokowi hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali," kata Luhut dalam unggahan foto di akun Instagramnya.

Ia optimistis kerja sama penyediaan jasa internet berbasis satelit nan merata di seluruh provinsi ini bisa meningkatkan pemerataan jasa kesehatan dan pendidikan Tanah Air. "Dan nan paling penting, masyarakat nan tinggal di wilayah terpencil bisa menikmati akses info dan jaringan internet cepat," ujarnya.

Pilihan editor: Luhut Binsar Pandjaitan Jemput Elon Musk di Bali, Pastikan Peluncuran Starlink Hari Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis