Ma'ruf Amin Buka Kemungkinan Kepala Otorita IKN Ditunjuk Prabowo

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 05 Jun 2024 05:00 WIB

Ma'ruf Amin mengatakan penunjukan Kepala Otorita IKN definitif pengganti Bambang Susantono nantinya mungkin dilakukan Prabowo Subianto selaku penerus Jokowi. Ma'ruf Amin mengatakan penunjukan Kepala OIKN definitif pengganti Bambang Susantono nantinya mungkin dilakukan Prabowo Subianto selaku penerus Jokowi. (Setwapres)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan penunjukan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) definitif pengganti Bambang Susantono nantinya bisa saja dilakukan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bisa saja bahwa nan bakal menunjuk Presiden baru kelak ya, tapi nan jelas memang belum ada pembicaraan sekarang ini, apakah sebelum Presiden baru sudah ditunjuk alias mungkin saja penunjukan itu pada saat sesudah Presiden baru dilantik," ungkap Ma'ruf dalam keterangannya di sela kunjungan kerja di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (4/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ma'ruf memastikan belum ada pembicaraan resmi mengenai kandidat Kepala OIKN nan definitif. Ia mengatakan kemungkinan bakal dibahas dalam sidang kabinet.

"Nantinya seperti apa alias siapa [penggantinya] itu belum tahu saya. Nanti biasanya bakal dibicarakan dalam sidang kabinet bahwa ini, ini, pertimbangannya apa, dan sebagainya," tambahnya.

Di sisi lain, Ma'ruf beranggapan proses pembangunan IKN tetap bisa melangkah kendati terjadi pergantian pucuk kepemimpinan Otorita IKN. Meskipun tidak mengetahui argumen pengunduran diri tersebut, dia meyakini bahwa dinamika seperti ini adalah perihal nan biasa dalam proses pembangunan.

"Saya juga tidak tahu [alasan Bambang mundur] tapi bahwa ada itu mundur, kemudian ganti, itu saya kira biasa di dalam proses kita [membangun]. Pembangunan itu kan ada nan mundur, ada nan kemudian diganti," ujarnya.

Meski demikian, Ma'ruf menekankan pentingnya kelancaran pembangunan IKN tanpa halangan meski terjadi pergantian kepemimpinan.

"Saya minta bahwa pembangunan ini terus melangkah seperti dikatakan Presiden dan tidak ada halangan walaupun ada Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita itu mengundurkan diri lantaran sudah ada nan menggantikan sementaranya," kata dia.

Sebelumnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya sebagai Kepala dan Wakil Kepala OIKN usai diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (3/6). Kini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjabat sebagai Plt Kepala OIKN dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni menjabat Wakil Kepala OIKN.

(rzr/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional