Menag Yaqut Buka Suara soal DPR Bentuk Pansus Angket Haji

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku siap mengikuti proses mengenai pembentukan panitia unik (pansus) angket pengawasan ibadah haji nan baru saja dibentuk DPR RI.

Pembentukan pansus beranggotakan 30 orang itu sebelumnya disepakati DPR dalam rapat paripurna pada Selasa (9/7).

"Ya kita ikuti saja. Itu kan proses nan dijamin oleh konstitusi kan. Itu kita ikuti," kata Yaqut kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa ini juga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yaqut tetap belum membeberkan persiapannya menghadapi pemeriksaan Pansus DPR itu. Namun dia mengaku bakal menjelaskan seluruh proses dan penyelenggaraan haji di lapangan nan telah terjadi.

"Semua proses kita bakal laporkan kan, proses mulai dari persiapan sampai penyelenggaraan ibadah haji bakal kita sampaikan, apa adanya," ujar eks Ketua Umum GP Ansor tersebut.

Sebelumnya, DPR RI lewat Rapat Paripurna pada Selasa siang menyetujui pembentukan Pansus angket pengawasan ibadah Haji 2024.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin menyampaikan personil pansus angket pengawasan ibadah haji 2024 itu diisi oleh 30 orang personil DPR.

Pria nan juga Ketua Umum PKB itu kemudian membacakan komposisi pansus angket itu dari masing-masing fraksi. PDIP ada tujuh orang; Golkar dan Gerindra masing-masing empat orang; PKB, NasDem, Demokrat, dan PKS masing-masing tiga orang. Lalu, dua orang dari PAN, dan satu orang dari PPP.

Dari Fraksi PDIP masuk dalam keanggotaan pansus angket Arteria Dahlan, My Esti Wijayanti, hingga Diah Pitaloka.

Lalu dari Golkar ada nama Ace Hasan Syadzily dan Nusron Wahid. Kemudian PPP diwakilkan Achmad Baidowi namalain Awiek.

Menag klaim haji tahun ini lebih baik

Sementara itu mengenai penyelenggaraan perjalanan haji pada 2024 ini, klaim Yaqut, lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau Anda tanya, saya subyektif dong. Kalau saya sih lebih baik dari tahun lalu, dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah semuanya lancar," kata Yaqut.

Namun Yaqut tetap belum memberikan evaluasi, lantaran operasional perjalanan haji Indonesia tetap berjalan hingga 23 Juli 2024. Setelah tenggat waktu itu, Yaqut berjanji bakal menyampaikan pertimbangan ibadah haji tahun ini ke publik.

Di sisi lain, dia juga tidak mau parameter keberhasilan ibadah haji di Indonesia dinilai dari sedikitnya jemaah nan meninggal dibanding tahun sebelumnya. Sebab menurutnya nyawa tidak bisa hanya dilihat dari angka.

"Karena apa pun itu nyawa itu ya manusia nan kudu dihargai," kata dia.

Menurut Yaqut apabila ada kekurangan di sana-sini adalah perihal wajar, dan bakal menjadi pertimbangan berbareng untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun berikutnya.

"Alhamdulillah semuanya lancar. Kalau ada kekurangan sana-sini ya pasti, ya kita ini manusia dan hidup di dunia," ujar adik dari Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama, Yahya Cholil Staquf tersebut.

Sebelumnya, Tim Pengawas Haji DPR mengungkap sejumlah persoalan mengenai penyelenggaraan haji 2024. Salah satunya, persoalan jemaah haji ilegal.

Mereka juga menerima banyak laporan dari jemaah haji mengenai akomodasi dan penyelenggaraan proses ibadah haji Indonesia.

Laporan itu beragam, mulai dari akomodasi nan kurang memadai seperti air conditioner (AC) nan tidak berfungsi.

Laporan lain ialah masalah mengenai tenda untuk jemaah haji nan melampaui kapasitas, apalagi ada nan tidak mendapatkan akomodasi kasur. 

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional