Muktamar PKB di Bali Tentukan Nasib Cak Imin dan Sikap di Era Prabowo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat PKB menggelar Muktamar dalam waktu dekat dengan agenda menentukan sikap partai di era pemerintahan Prabowo Subianto, serta menegaskan kembali jabatan ketua umum partai nan saat ini dijabat Muhaimin Iskandar.

Ketua Steering Commitee Muktamar ke-6 PKB Faisol Riza mengatakan waktu penyelenggaraan Muktamar ke-6 partai itu digelar di Bali pada 24-25 Agustus sebagaimana telah disepakati rapat.

"Diputuskan bakal dilaksanakan tanggal 24-25 Agustus 2024 di Bali.Persiapan semua sudah selesai juga sudah disampaikan kepada seluruh pengurus DPW-DPC," kata Riza dalam konvensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Riza menjelaskan Muktamar ke-6 PKB ini adalah forum pengambilan keputusan tertinggi nan bakal membahas sejumlah perihal krusial untuk partai.

Salah satunya, kata dia, adalah keputusan apakah PKB berasosiasi dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran alias menjadi oposisi.

"Antara lain itu memutuskan kita ada di dalam pemerintahan berasosiasi dengan pemerintahan nan ada alias tidak," kata Dia.

Riza memberi sinyal PKB bakal berasosiasi dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Terlebih, kata dia, kebanyakan kader tak mau PKB menjadi oposisi dalam masa pemerintahan 2024-2029.

"Hampir semua mengatakan meminta agar PKB ikut berasosiasi di dalam pemerintahan nan bakal datang," ujar dia.

Di sisi lain, Riza menyebut bakal mengundang seluruh ketua umum partai hingga Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Muktamar itu.

"Pak Prabowo juga kita undang. Baik sebagai Ketua Umum Gerindra maupun sebagai Presiden terpilih," tutur dia.

Dorong Cak Imin ketua lagi

Wakil ketua Umun PKB Jazilul Fawaid menyebut Muktamar ke-6 PKB nantinya bakal mengesahkan kembali Cak Imin sebagai ketua umum.

"Iya, pasti, pasti," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Jazilul pun menjelaskan forum tertinggi untuk mengambil keputusan di Partai PKB itu bakal membahas sejumlah perihal penting.

"Sidang pleno dan komisi mengenai dengan LPJ, mengenai dengan program dan perjuangan partai termasuk struktur partai," jelas dia.

Senada, Faisol Riza juga memberi sinyal Cak Imin bakal lanjut menjadi ketua umum PKB.

Ia menyatakan seluruh pengurus wilayah PKB telah menyampaikan aspirasi mereka agar Cak Imin tetap memimpin pengurus PKB di periode nan bakal datang.

"Sudah disampaikan oleh semua bagian maupun DPW meminta kesediaan beliau untuk memimpin kembali PKB di pemerintahan nan bakal datang, dan di Kepengurusan DPP nan bakal datang," kata Riza.

PKB pun bakal mengundang sejumlah tokoh politik nasional di Muktamar ke-6 PKB seperti para ketum parpol hingga Presiden Joko Widodo.

"Pak Prabowo juga kita undang. Baik sebagai Ketua Umum Gerindra maupun sebagai Presiden terpilih," tutur dia.

Adapun waktu perhelatan Muktamar ke-6 ini berbeda dengan pernyataan Jazilul sebelumnya nan menyebut Muktamar bakal digelar pasca Pilkada serentak 2024.

(mba/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional