NasDem Pertimbangkan Sohibul Iman Dampingi Anies di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 09 Jul 2024 17:59 WIB

NasDem menilai Sohibul Iman sebagai salah satu nama nan mumpuni untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 20224. NasDem akui mempertimbangkan Sohibul Iman jadi cawagub Anies di Pilkada Jakarta. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP Partai NasDem, Sugeng Suparwoto mengakui nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Muhammad Sohibul Iman sebagai salah satu nama nan dianggap mumpuni untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Sugeng menyebut Sohibul cukup mempunyai kapasitas, terutama dari riwayat pendidikan. Apalagi nan berkepentingan juga pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina, Jakarta.

"Nah salah satunya memang kudu kita akui, Pak Sohibul Iman salah satu nan menurut pemahaman kita cukup mumpuni lah," kata Sugeng di kompleks parlemen, Selasa (9/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dia menegaskan bahwa nama cawapres Anies saat ini tetap dinamis. Menurut dia, nama-nama nan ada saat ini tetap sebatas usulan, termasuk Sohibul nan diusulkan PKS.

Sugeng mengatakan cawagub Anies hanya bisa dipastikan setelah partai-partai pengusung membubuhkan tanda tangan dan menyerahkan pendaftaran ke KPU. Menurut Sugeng, usulan nama-nama baru tetap berkesempatan sembari memandang dinamika partai lain.

"Yang jelas nan sudah firm memang satu adalah calon gubernurnya. Tetapi sekali lagi, Sohibul Iman salah satu kandidat nan juga menjadi kalkulasi kami di NasDem," katanya.

Di sisi lain, Sugeng juga mengakui partainya tetap memperhitungkan elektabilitas. Terlebih setelah Sohibul dianggap mempunyai ceruk nan sama dengan Anies.

"Ada proses-proses nan sebagaimana tadi kalkulasi juga tentu dari aspek elektabilitas untuk kita menambah ceruk dan juga itu bagian dari perhitungan," katanya.

PKS telah memutuskan mengusung pasangan Anies-Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024. Namun, PKS tetap memerlukan rekan koalisi untuk mengusung jagoan mereka.

Sementara, PKB nan ikut mengusung Anies tetap belum memberikan sinyal positif. Mereka menilai Sohibul dan Anies berasal dari ceruk nan sama. Oleh karenanya mereka berambisi PDIP bisa ikut bergabung.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional