Nyoman Nuarta soal Tudingan Istana IKN Mistis: Dibuat Agar Berwibawa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta, mengungkapkan kreasi istana tersebut dibuat untuk menunjukkan kewibawaan. Ia pun mengatakan penilaian bahwa Istana Garuda misterius merupakan persepsi tiap individu.

"Jadi, jika itu menjadi aura misterius dan segala macam, ya itu terserah masing-masing lah. Tapi kita membikin itu tentu Istana itu agar berwibawa, kita butuh butuh wibawa itu," kata Nyoman, dikutip dari Antara, Sabtu (10/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menegaskan istana di IKN kudu menggambarkan karakter bangsa. Nyoman menuturkan membangun istana tak bisa disamakan dengan membangun rumah alias gedung-gedung lainnya.

"Jangan berpikirannya seperti rumah, lantaran kebawa-bawa dari zamannya kolonial. Istana ini kudu kita bangun sendiri dengan karakter kita sendiri," ujarnya.

Karena itu, kata Nyoman, dia tak mau rancangan istana di IKN sama dengan gedung lain nan sudah ada. Ia mengatakan istana kudu berbeda.

"Kita kan membangun itu namanya Istana berbeda dong dengan bangunan-bangunan rumah nan lain, gedung hotel, termasuk gedung nan sudah ada, saya nggak mau," tuturnya.

Ia juga menjelaskan warna tembaga pada Istana Garuda perlahan bakal berubah menjadi kebiruan setelah mengalami proses oksidasi. "Kelembapan alam kita itu dia secara pelan-pelan dia oksidasi berubah ke biru-biru toska," jelasnya.

Kemudian, lanjut Nyoman, rangka di belakang dari perforated. Perforated merupakan plat bolong-bolong dari bahan baja tahan cuaca. Ia menegaskan warna itu bisa tahan hingga ratusan tahun lamanya.

"Nah, itu pertama dia kemerahan tadi, tergantung cuaca begitu, kena hujan, kemudian dia lama-lama tambah gelap. Dan itu sudah terbukti ratusan tahun umurnya," kata dia.

Dia mencontohkan, misalnya jembatan-jembatan di Amerika, terutama nan di New York. Sering kali mempunyai warna nan serupa dengan nan digunakan terhadap penduduk Istana Garuda IKN.

"Kalau orang lihat gelap segala macam, kan susah nan biasa liat menyala-menyala warna emas itu kan saya enggak mau seperti itu," tegas Nyoman.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional