Pemerintah akan Tambah Kuota Rumah Subsidi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan bakal menambah kuota rumah subsidi skema akomodasi likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) pada September ini. Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kuota FLPP 2024 sebanyak 166 ribu unit rumah. Namun kuota tersebut pada bulan Juli ini sudah lenyap alias tersalurkan. "Sehingga September ini bakal ditambah (FLPP)," kata Basuki, di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Agustus 2024.

Ia mengatakan bank-bank nan tergabung dalam Himbara dapat memberikan angsuran kepada masyarakat dengan kembang nan terjangkau. Kementerian PUPR menyalurkan unit rumah kepada masyarakat seharga 144-160 Juta Rupiah.

Sebelumnya Basuki mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang meminta tambahan kuota rumah subsidi skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di Kementerian Keuangan.

"Sekarang ini kita lagi minta tambahan di Kementerian Keuangan, jika targetnya itu lenyap sebelum kan berfaedah bagus, iya kan? Karena BA BUN (Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara), bukan DIPA-nya PUPR, itu BA BUN, langsung di bawah Kementerian Keuangan," kata Basuki usai Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2024.

Oleh lantaran itu, Basuki menyebut bahwa pihaknya saat ini sedang meminta tambahan kuota rumah subsidi skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di Kementerian Keuangan.

Iklan

"Sekarang ini kita lagi minta tambahan di Kementerian Keuangan, jika targetnya itu lenyap sebelum kan berfaedah bagus, iya kan? Karena BA BUN (Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara), bukan DIPA-nya PUPR, itu BA BUN, langsung di bawah Kementerian Keuangan," ucapnya.

Meski begitu, Basuki tidak menyebut berapa kuota nan diajukan Kementerian PUPR untuk program tersebut di 2025. Hanya saja, dia mengatakan kuota di tahun berikutnya bakal lebih tinggi jika dibandingkan 2024.

Dia juga optimistis bahwa Kementerian Keuangan ke depan bakal tetap menyalurkan anggaran untuk program tersebut. "Sama saja dengan di tahun depan pasti bakal dialokasikan oleh Menteri Keuangan," katanya.

Pilihan Editor: Daftar Formasi CPNS KKP 2024 untuk Lulusan SMA hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis