Pemprov DKI Kaji Kebijakan Gratis Biaya Sekolah SD-SMA Swasta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 05 Jun 2024 00:15 WIB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengkaji kebijakan menggratiskan biaya sekolah swasta dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah mengkaji kebijakan menggratiskan biaya sekolah swasta dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). (iStock/Sasiistock)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mengkaji kebijakan peluang menggratiskan biaya sekolah swasta dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan sedang mengkaji agar kelak sekolah swasta juga bisa kita gratiskan," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin dalam podcast di akun Youtube JakDisdikTV, Selasa (4/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi SD swasta, SMP swasta, SMA/SMK swasta sedang kita kaji untuk kita gratiskan semua," sambungnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Pemprov DKI Jakarta saat ini sudah melibatkan sekolah swasta pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 8.426 bangku untuk jalur Calon Peserta Didik Baru (CPDB) nan mendaftar lewat PPDB Bersama 2024 di jenjang SMP, SMA, dan SMK.

"PPDB Bersama dalam rangka menampung mereka-mereka dengan jalur afirmatif untuk sekolah-sekolah di swasta dan kita gratiskan," jelasnya.

PPDB Bersama adalah bagian dari PPDB DKI Jakarta nan memungkinkan CPDB SMP, SMA, SMK memilih sekolah swasta dengan jalur afirmasi.

CPDB nan diterima melalui PPDB Bersama bisa sekolah cuma-cuma lantaran biaya sekolahnya ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tujuan PPDB Bersama ini adalah memperluas daya tampung pada sekolah negeri nan tetap terbatas untuk jenjang SMP, SMA dan SMK.

(lna/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional