Pj Gubernur Jabar Keluarkan SE soal Study Tour Usai Kecelakaan Subang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan surat info nan mengatur tentang penyelenggaraan tur sekolah atau study tour pascakecelakaan maut bus pengangkut rombongan pelajar Depok di jalanan Ciater, Subang, akhir pekan lalu.

Dalam surat info Nomor : 64/PK.01/Kesra Tentang Study Tour ini, sekolah diminta memerhatikan kondisi kendaraan nan bakal digunakan.

Selain itu, SE itu pun memperketat izin aktivitas study tour nan dilaksanakan satuan pendidikan di wilayah masing-masing, salah satunya tidak dilakukan ke luar kota.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam surat info nan diteken Minggu, 12 Mei 2024, Bey menyatakan permintaan itu sebagai antisipasi bahwa dalam memasuki masa kenaikan kelas dan akhir tahun pelajaran serta liburan sekolah, terdapat satuan pendidikan di Provinsi Jawa Barat nan melaksanakan study tour mulai dari jenjang prasekolah, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

"Sehubungan perihal tersebut, kami minta bupati dan wali kota mengimbau seluruh kepala satuan pendidikan di semua jenjang pendidikan di masing-masing wilayah, untuk memperhatikan tiga hal," kata Bey dalam info tersebut.

Pertama, aktivitas study tour satuan pendidikan diimbau untuk dilaksanakan di dalam kota di lingkungan wilayah Provinsi Jabar.

Dia menyatakan itu bisa melalui kunjungan ke pusat perkembangan pengetahuan pengetahuan, pusat kebudayaan, dan lokasi wisata edukatif lokal, nan ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Provinsi Jabar, selain bagi satuan pendidikan nan sudah merencanakan dan melakukan perjanjian kerja sama study tour nan dilaksanakan di luar Provinsi Jabar dan tidak dapat dibatalkan.

Kedua, aktivitas study tour memperhatikan asas kemanfaatan serta keamanan bagi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan dengan memperhatikan kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur nan bakal dilewati, serta berkoordinasi dan mendapatkan rekomendasi dari dinas perhubungan kabupaten/kota mengenai kelaikan teknis kendaraan.

Ketiga, pihak satuan pendidikan dan yayasan penyelenggara study tour melakukan koordinasi dengan memberikan surat pemberitahuan kepada dinas pendidikan sesuai kewenangannya.

Bey juga mengingatkan, terutama pada musim liburan sekolah saat ini agar pihak sekolah nan bakal melakukan wisata maupun study tour untuk memastikan kelaikan kondisi bus. Dia mengingatkan pula kepada perusahaan bus agar selalu rutin memeriksa kelaikan armadanya dan memastikan pengemudi dalam keadaan prima dan fit.

Sebelumnya diketahui, bus pariwisata Trans Putera Fajar dengan nomor polisi AD 7524 OG

yang membawa rombongan study tour SMK SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan maut di Jalan Raya Ciater, Sabtu (11/5/2024) malam.

Dalam kecelakaan ini, bus itu oleng di jalan menurun lampau menabrak empat kendaraan ialah Daihatsu Feroza dan 3 sepeda motor. Dalam kecelakaan maut itu 11 orang menjadi korban tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional