Rekayasa Lalin Monas-Halim saat Kirab Bendera Pusaka Besok

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 18:23 WIB

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalin dalam rangka kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dari Monas, Jakarta, ke IKN, Sabtu (10/8). Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalin dalam rangka kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dari Monas, Jakarta, ke IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8). CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim

Jakarta, CNN Indonesia --

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lampau lintas (lalin) dalam rangka kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi dari Monas, Jakarta, ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan rekayasa lalin dan penutupan jalan bakal dilakukan secara berjenjang di sejumlah titik dari Monas hingga Landasan Udara Halim Perdanakusuma.

Rekayasa arus lalin di sepanjang jalan nan digunakan untuk kirab bakal mulai dilakukan pada pukul 07.00 WIB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penutupan dilakukan secara bertahap. Kalau kendaraan kirab sudah lewat, baru dibuka," kata Latif saat dihubungi, Jumat (9/8).

Berikut rekayasa lalin nan disiapkan selama penyelenggaraan kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi.

  1. Saat rangkaian dan pawai start dalam cangkir Monas sisi utara, arus lampau lintas dari arah Harmoni menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan, Doobrak Kemenhub ditutup.
  2. TransJakarta tetap mengalir normal.
  3. Saat iring-iringan pawai dan rangkaian bendera tiba di Patung Kuda, arus lampau lintas sepanjang MH Thamrin mulai dikurangi.
  4. Saat rombongan pawai memasuki cangkir barat daya, iring-iringan rangkaian pembawa bendera dan teks proklamasi start arus lampau lintas sepanjang Jalan MH Thamrin disterilkan.
  5. Ketika rangkaian sampai di Bundaran HI, arus lampau lintas dari Bundaran Patung Kuda sampai TL Sarinah dinormalkan.
  6. Arus lampau lintas dari Bundaran HI sampai Semanggi disterilkan.
  7. Ketika rangkaian sampai di Jl Bandung 9 arus lampau lintas dari arah Barat menuju Timur ditahan sementara.
  8. Ketika rangkaian sampai di depan Hotel Mangkuluhur (GT Semanggi I) arus lampau lintas sepanjang Jl MH Thamrin dinormalkan.
  9. Ketika rangkaian sampai di layang Ende 3 arus lampau lintas dari arah barat menuju timur dinormalkan.
  10. Ketika rangkaian sampai TL Halim Baru arus lampau lintas sepanjang Jalan Gatot Subroto dari arah barat ke timur dinormalkan.

Kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi ke IKN bakal digelar besok hari. Dua barang itu dipindahkan menjelang upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

Pemerintah menugaskan empat orang Purna Paskibraka Indonesia (PPI) 2023 dalam kirab itu. Mereka bakal membawa dua barang itu dari Jakarta ke IKN.

Dua barang berhistoris itu kemudian diterbangkan ke IKN. Lalu kirab bersambung ke Istana Negara IKN.

(dis/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional