RK Janji Perpanjang Rute Transjakarta ke Botabek Jika Jadi Gubernur

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) berjanji bakal meneruskan rute Bus Transjakarta hingga ke area aglomerasi Jakarta seperti Bogor, Tangerang Bekasi (Botabek) jika terpilih sebagai gubernur Jakarta.

"Tentunya di era kita kelak lantaran Jakarta punya tanggungjawab aglomerasi, idealnya Busway tidak berakhir dibatas politik administratif, tapi diteruskan ke sekeliling aglomerasi, Bekasi, Bogor, Tangerang," kata RK usai berjumpa Sutiyoso di kediaman Sutiyoso, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/9).

Baginya, Bus Transjakarta merupakan kebijakan baik nan dicetuskan oleh Sutiyoso ketika menjabat sebagai gubernur Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perpanjangan rute bus ini, lanjutnya, diharapkan bisa berfaedah bagi jutaan penduduk nan berstatus masyarakat di kota penyangga Jakarta untuk bekerja di Jakarta.

"Sekian juta orang nan bekerja siang di Jakarta, malamnya pulang ke aglomerasi bisa kita layani juga," kata dia.

Tak hanya itu, RK juga berjanji bakal memperbanyak kediaman di pusat kota Jakarta dan memperbanyak pusat upaya untuk didorong ke area selatan Jakarta.

"Jadi memperbanyak kediaman di pusat, dan memperbanyak pusat upaya di luar pusat. Ke selatan kita sorong lebih banyak perkantoran, di [TB] Simatupang misalkan. Kemudian ke arah barat, timur utara sehingga terjadi pergerakan nan lebih efisien," kata dia.

RK mengatakan minimnya lahan di pusat kota Jakarta dapat disiasati dengan membangun kediaman terjangkau di atas akomodasi publik.

"Sehingga pendapat membangun sosial housing, kediaman terjangkau di atas pasar, di atas stasiun, dan di wilayah-wilayah nan bisa diinovasikan tentu menjadi sebuah harapan," tambahnya.

Di sisi lain, RK turut berjanji bakal membereskan kekumuhan di Jakarta dengan pendekatan kemanusiaan. Ia juga diingatkan oleh Sutiyoso agar menjadi pemimpin kudu mahir dalam berkomunikasi kepada rakyat.

"Sehingga membereskan urusan tidak kudu dengan drama-drama tapi dengan pendekatan kemanusiaan. Contohnya membereskan Kramat Tunggak misalkan, menjadi Islamic Center tanpa banyak keributan, menunjukkan skill dalam negosiasi," kata dia.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional