Sekda DKI Prediksi Keppres Pindah IKN Terbit Pekan Depan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 09 Jul 2024 18:25 WIB

Menurut Sekda DKI saat sosialisasi UU DKJ, keppres IKN itu semestinya terbit sebelum 17 Agustus lantaran upacara HUT Kemerdekaan RI bakal digelar di sana. Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono memprediksi surat keputusan presiden (keppres) soal pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan bakal dikeluarkan dalam waktu dekat.

Menurutnya, patokan tersebut bakal terbit pada pekan ini alias pekan depan.

"Feeling saya nih Bapak/Ibu sekalian, minggu-minggu ini alias minggu depan Keppres tentang pemindahan Ibukota bakal dikeluarkan. Feeling pak," kata Joko dalam aktivitas Sosialisasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta secara daring, Selasa (9/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Joko mengatakan Keppres pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara di Pulau Kalimantan itu kudu diteken sebelum upacara peringatan HUT ke-79 RI nan bakal digelar di IKN Nusantara pada 17 Agustus mendatang.

"Karena rencana upacara 17 Agustus bakal dilaksanakan di IKN ya. Sebelum resmi menjadi Ibukota, tentunya Keppres kudu dikeluarkan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Keppres soal pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan belum rampung.

Ia tak menutup kemungkinan keppres itu diterbitkan Presiden terpilih Prabowo Subianto setelah resmi menjabat. Ia mengaku tak mau memaksakan sesuatu.

"Keppresnya bisa sebelum, bisa setelah Oktober, kita memandang situasi lapangan. Kita tidak mau memaksakan sesuatu nan memang belum, jangan dipaksakan," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Jokowi mengatakan pembangunan IKN tetap terus berproses. Menurutnya, publikasi keppres untuk menandai pemindahan ibu kota juga kudu memandang kondisi pembangunan di IKN Nusantara.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional