Siapa Sosok Taipan Pemilik Jet Gulfstream yang Ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono ke AS?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, diduga menyewa jet pribadi mewah untuk perjalanan mereka ke Amerika Serikat. Mereka diketahui menuju Negeri Paman Sam lantaran Erina bakal melanjutkan studi S2 di Fakultas Social Policy and Practice (SP2) di University of Pennsylvania.

Gang Ye, taipan sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, diduga sebagai sosok nan menyediakan akomodasi jet pribadi untuk Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, anak dan menantu Presiden Jokowi.

SEA Limited adalah perusahaan asal Singapura nan menaungi raksasa e-commerce Shopee serta Garena, unit upaya nan memproduksi game terkenal Free Fire.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia belum bisa memastikan apakah jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono itu terafiliasi dengan SEA Group. “Sejak tahun 2021, semua kendaraan operasional untuk dewan tidak ada lagi,” katanya. 

Sementara tenaga kerja Shopee lainnya, nan keberatan namanya disebutkan, mengakui bahwa dalam tiga tahun belakang SEA Group cukup dekat dengan family Solo. Terlebih Shopee sekarang mempunyai dua instansi di Solo, ialah di Solo Paragon Mall dan Solo Technopark. Isu jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina, kata narasumber ini, juga menjadi pembicaraan di antara karyawan. 

“Sepertinya mungkin saja jet pribadi itu miliki petinggi Shopee,” kata sumber tersebut. 

Sebelumnya, warganet Indonesia menyoroti Kaesang dan Erina nan pelesiran ke Amerika Serikat dengan menggunakan jet pribadi. Kepergian mereka berbarengan dengan saat ribuan masyarakat Indonesia melakukan tindakan demonstrasi menolak RUU Pilkada nan ditengarai sebagai upaya membuka jalan Kaesang untuk ikut pada Pilkada mendatang.

Fakta bahwa jet pribadi nan ditumpangi Kaesang-Erina adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE ditemukan oleh netizen. Potongan arsip nan memperlihatkan bahwa pemilik Gulfstream G650ER N588SE adalah Garena Online (Private) Ltd, unit upaya Sea Group, kemudian diunggah oleh seorang warganet.

Lantas, siapa sebenarnya sosok taipan Gang Ye, bos Garena dan Shopee nan diduga pemilik jet Gulfstream G650ER N588SE?

Tangkapan layar dari video pendek nan menunjukkan momen Kaesang Pangarep dan Erina Gudono turun dari jet pribadi dan langsung melangkah menuju mobil nan telah menunggu di apron bandara. Petugas tampak membawa sejumlah tas-tas belanjaan mewah tanpa melewati pemeriksaan Bea Cukai. (Sumber: Twitter)

Iklan

Gang Ye, seorang taipan asal Singapura, diketahui sebagai salah satu pendiri dan petinggi SEA Group. Dilansir dari Forbes, perusahaan tersebut didirikan berbareng oleh Forrest Li dan David Chen. Kekayaan Gang Ye tercatat sekitar US$ 3,3 miliar alias sekitar Rp 51 triliun per 26 Agustus 2024.

Berdasarkan laman resmi SEA Limited, selain sebagai pendiri, Gang Ye juga telah diangkat sebagai personil majelis dewan SEA Group sejak Maret 2010. Jabatan Chief Operating Officer (COO) SEA dipegangnya sejak Januari 2017, sementara posisi Chief Technology Officer (CTO) diembannya dari Maret 2010 hingga Desember 2016.

Sebelumnya, Gang Ye pernah bekerja di Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura dan di perusahaan minyak kelapa sawit Wilmar International. Gang Ye merupakan lulusan Sarjana Sains dalam Ilmu Komputer dan Ekonomi dari Carnegie Mellon University.

Dalam bisnisnya, support diberikan oleh Tencent, nan mempunyai saham cukup besar di SEA Group. Selain itu, perusahaan ekuitas swasta General Atlantic dan Kuok Khoon Hua, putra miliarder Malaysia Robert Kuok, juga turut mendanai operasional perusahaan.

Dilansir dari Forbes, untung bersih tahunan pertama SEA sebesar US$ 163 juta dicatat pada tahun 2023. Selain bergerak di e-commerce dan permainan online, SEA juga telah melebarkan sayap dengan meluncurkan jasa perbankan digital di Singapura, Indonesia, dan Filipina melalui Seabank.

Berkat posisinya sebagai Chief Operating Officer dan salah satu pendiri perusahaan, Gang Ye tercatat mempunyai saham di SEA Limited. Dari kepemilikan saham tersebut, dia sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan nan sangat berlimpah, sehingga layak disebut sebagai salah satu orang terkaya di Singapura.

Berkat kekayaannya, Gang Ye saat ini menempati posisi sebagai orang terkaya ke-25 di Singapura. Selain itu, menurut laporan real-time Forbes pada hari Senin 26 Agustus 2024, Gang Ye juga berada di urutan ke-1.054 dari orang-orang terkaya di dunia.

MYESHA FATINA RACHMAN I RADEN PUTRI A G
Pilihan editor: Dulu Jokowi Kritik E-Commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis