Sugiono Buka Suara soal Alumni SMA Taruna dan Isu Menlu Prabowo

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Gerindra, Sugiono, buka bunyi soal penyusunan bakal kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, alumni SMA Taruna Nusantara, hingga berita jadi Menteri Luar Negeri RI.

Hal itu dibicarakan Sugiono setelah Rapat Kerja terakhir Komisi I DPR RI dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (12/9).

Sugiono--yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI --mengaku tidak ikut dalam pembahasan mengenai dengan penentuan menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran, termasuk untuk kedudukan menlu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya tidak terlibat dalam pembahasan apakah saya masuk alias tidak?" kata Sugiono di kompleks parlemen.

Sugiono menekankan penentuan mengenai dengan bangku kabinet merupakan kewenangan prerogatif presiden.

"Enggak, itu kelak haknya presiden menentukan siapa," ucap dia nan dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo tersebut.

Terkait dengan dirinya nan merupakan alumnus SMA Taruna Nusantara sehingga dikaitkan menjadi salah satu calon menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran sebagaimana nan disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, dia lantas menegaskan tidak ada ekslusivisme terhadap golongan tertentu.

"Saya kira jika konteks itu ya, itu 'kan lantaran waktu itu beliau (Hashim) berbincang di hadapan forum nan kebetulan ada Kepala SMA Taruna Nusantara, saya kira jika waktu itu ada kepala kepala sekolah lainnya juga bakal disinggung, tidak ada ekslusivisme-lah," kata Sugiono.

"Siapa pun itu, dari mana pun sumbernya, dan saya kira dalam rangka memecahkan masalah bangsa ini tidak ada batas-batas itu tadi, alumnus-alumnus ataupun kelompok-kelompok, ataupun partai-partai bahkan, tetapi ini merupakan sebuah effort bersamalah," imbuhnya.

Sugiono menjelaskan pula alasannya nan memimpin rapat terakhir Komisi I DPR berbareng Menlu Retno pada Kamis hari ini sehingga ditangkap sebagai sinyal siap melanjutkan tongkat estafet sebagai Menlu RI selanjutnya.

"Enggak, itu mudah saja. Kemarin itu saya tukaran sama Pak Rifky (Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya) lantaran nan semestinya saya pimpin sidang [kemarin, tetapi saya enggak bisa, beliau nan bisa menggantikan saya. Dan, kebetulan hari ini saya pimpin sidang, lantaran 'kan konteks sama Kementerian Luar Negeri 'kan biasanya Pak Riefky 'kan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo saat menghadiri aktivitas di Jakarta pekan lampau (7/9) mengungkap ada empat alumnus SMA Taruna Nusantara nan bakal masuk dalam daftar kabinet Prabowo.

Namun, dia mengaku telah berjanji kepada Prabowo tidak mengungkap nama-nama itu ke publik.

Diketahui bahwa ada sejumlah lulusan SMA Taruna Nusantara nan berada di lingkaran dekat Prabowo. Selain Sugiono, ada pula Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, dan politikus Partai Gerindra Prasetyo Hadi, hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional