Tamu di IKN Bakal Menginap di Balikpapan, Naik Bus ke Tempat Upacara

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 13:21 WIB

Sebagian besar tamu undangan upacara peringatan HUT RI di IKN, Kalimantan Timur, bakal menginap di Balikpapan. Disediakan shuttle bus menuju lokasi. Istana Garuda di IKN. Sebagian besar tamu undangan upacara peringatan HUT RI di IKN, Kalimantan Timur, bakal menginap di Balikpapan. (CNN Indonesia/Ike ​Agestu)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian besar tamu undangan upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, bakal menginap di Balikpapan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan tamu bakal menggunakan bus pengangkut (shuttle) dari Balikpapan menuju letak upacara di IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tamu undangan tersebut termasuk para duta besar. Mereka bakal berangkat dari Jakarta menuju Balikpapan pada 16 Agustus sore usai sidang tahunan MPR/DPR/DPD nan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mereka rencananya bermalam di Balikpapan, kemudian pagi harinya (17 Agustus) berangkat ke IKN," kata Usman dalam obrolan Polemik MNC Trijaya di Jakarta, Sabtu (10/8).

Usman mengatakan tidak semua tamu undangan bakal menginap di IKN. Mereka nan menginap di IKN diutamakan para petugas dan panitia upacara HUT RI serta personel TNI dan Polri.

"Tamu undangan tidak semua menginap di IKN, tapi lebih banyak di Balikpapan. Nanti dari Balikpapan bakal naik shuttle ke IKN," katanya.

Usman pun mengatakan saat ini pembangunan di IKN dihentikan sementara mulai hari ini. Kini pemerintah konsentrasi mempersiapkan upacara HUT RI nan tinggal sepekan lagi.

Menurut dia, saat berjamu ke IKN dua hari lalu, persiapan upacara HUT RI sudah lebih dari 90 persen.

"Tinggal rapi-rapi saja, jadi tanggal 17 Agustus sudah siap," katanya.

Pada tahun ini, upacara peringatan HUT RI digelar di dua tempat, ialah di IKN dan Istana Merdeka, Jakarta. Upacara kemiliteran digelar di IKN, sementara intermezo rakyat digelar di Istana Merdeka.

Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto bakal mengikuti upacara di IKN. Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka upacara di Jakarta.

(fby/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional