INFO BISNIS - Teknologi kepintaran buatan atau artificial intelligence (AI) semakin masif digunakan di Indonesia. Pemanfaatan AI menunjukkan potensi nan luar biasa dalam beragam sektor di tanah air, meskipun penerapannya tetap perlu diperluas. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco yang dipercaya menjadi lokomotif digitalisasi di Indonesia, berkomitmen dalam mengembangkan AI nan berakibat positif kepada bangsa.
Strategi besar pengembangan AI di Telkom bermaksud untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di internal dan eksternal perusahaan, serta melakukan penemuan nan dapat mendukung upaya maupun membuka kesempatan upaya baru. Langkah nan dilakukan Telkom juga selaras dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), ialah turut mengembangkan prasarana AI, seperti pusat info nan kondusif dan andal, dengan jaringan internet sigap dan platform cloud untuk pengolahan dan penyimpanan info nan efisien.
“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi nan relevan dengan kebutuhan beragam sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI. Saat ini kami telah mempunyai prasarana pusat info AI nan dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa pada aktivitas webinar “Discover the Latest AI-Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and Intelligence” nan digelar oleh IDSF beberapa waktu lalu.
Salah satu produk BigBox, nan berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, mempunyai fitur berjulukan BigVision nan telah dilengkapi oleh AI. BigVision bisa menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang nan berada di sana, dan dapat mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut. Teknologi BigVision berfaedah bagi beragam perusahaan untuk mengenali perilaku tenaga kerja dan perilaku orang lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lainnya nan banyak dilalui.
Selain itu, Telkom juga mengembangkan AI dalam bentuk chatbot yang membantu beragam sektor untuk mendapatkan solusi terbaik. Pada ekosistem myIndibiz, terdapat chatbot bernama Bizy nan bisa membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada produk dan jasa digital nan ada di Leap-Telkom Digital.
Iklan
Bizy bisa memberikan jasa nan dipersonalisasi dan interaktif sehingga solusi nan diberikan kepada pengguna lebih tepat sasaran. Bizy dikembangkan dengan sangat interaktif sehingga bisa membantu pengguna menemukan solusi nan sesuai dengan tantangan nan mereka hadapi serta menghasilkan info berbobot nan memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan. Hal ini pun dapat digunakan untuk perbaikan produk dan strategi pemasaran.
Bizy juga dapat menangani volume hubungan pengguna nan semakin meningkat tanpa mengorbankan kualitas alias efisiensi. Bizy secara signifikan bisa mengurangi waktu respons rata-rata untuk pertanyaan pelanggan. Dengan respons nan jeli dan tepat waktu, pengguna pun mendapatkan pelayanan nan optimal dengan sigap sesuai dengan kebutuhannya. Pemanfaatan chatbot terbukti memberikan akibat positif kepada peningkatan efisiensi operasional bulanan Telkom sampai dengan 74,2 persen lewat otomatisasi oleh Bizy. Setelah mengimplementasikan Bizy, biaya operasional pemasaran Telkom juga berkurang signifikan sehingga perusahaan bisa lebih hemat.
Fitur lain nan ada di BigBox ialah BigAssistant merupakan solusi berbasis AI nan membantu pengguna untuk mengelola dan menyediakan info tertentu melalui hubungan percakapan seperti chatbot. Sistem ini memadukan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban nan kontekstual dan relevan terhadap pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan.
Berbagai produk unggulan dari Leap-Telkom Digital lainnya juga telah dilengkapi dengan AI guna meningkatkan pelayanan nan diberikan. Inovasi pengembangan AI nan dilakukan Telkom menjadi komitmen perusahaan untuk mewujudkan bangsa nan lebih sejahtera dan berkekuatan saing. Leap-Telkom Digital juga memayungi produk dan jasa digital Telkom lainnya nan dapat dilihat di tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/our-product.(*)