Terkini: Harta Taipan Gang Ye yang Diduga Fasilitasi Kaesang, Bea Cukai Kembali jadi Sorotan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan upaya pada Rabu siang, 28 Agustus 2024, dimulai dari kekayaan bos Shopee dan Gerena, Gang Ye, nan diduga akomodasi Kaesang - Erina Gudono.

Berikutnya ada buletin tentang Ditjen Bea Cukai nan kembali jadi sorotan dan Menteri PUPR nan menilai ASN bakal merugi jika tidak pindah ke IKN. Lalu ada buletin tentang argumen taipan Pemkab Bogor tak menggusur restoran Asep Stroberi di Puncak dan penghasilan nan ditawarkan BRIN kepada CPNS lulusan S3.

Kelima buletin itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan BIsnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima buletin trending tersebut.

1. Diduga Fasilitasi Kaesang Jet Pribadi, Kekayaan Gang Ye Mencapai Rp 49,6 Triliun

Konglomerat asal Singapura sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, Gang Ye diduga mempunyai jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE. Jet pribadi tersebut akhir-akhir ini disoroti masyarakat Indonesia lantaran diduga digunakan oleh putra bungsu dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk pelesiran ke Amerika Serikat.

Sebagai petinggi di Sea Limited, Gang Ye menaungi sejumlah anak perusahaan, seperti raksasa e-commerce Shopee dan Garena, unit upaya nan memproduksi game terkenal Free Fire. Adapun mengenai jet pribadi Gang Ye nan diduga memfasilitasi Kaesang dan Erina dikabarkan berasosiasi dengan Shopee dan Garena nan membuka instansi di Solo saat Gibran Rakabuming Raka, kakak Kaesang, menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia, nan keberatan namanya disebutkan, mengakui bahwa dalam tiga tahun belakang SEA Group cukup dekat dengan family Jokowi, termasuk Kaesang. Terlebih Shopee sekarang mempunyai dua instansi di Solo, ialah di Solo Paragon Mall dan Solo Technopark. Isu jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono, kata narasumber ini, juga menjadi pembicaraan di antara karyawan. 

Simak lebih lanjut tentang harta kekayaan taipan Gang Ye di sini. 

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis