Terpopuler: Dari Jokowi Bilang Benci E-commerce Asing hingga Dugaan Kaesang Difasilitasi Bos Shopee

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler nan banyak mendapat perhatian publik adalah tentang perubahan sikap Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Presiden Jokowi dulu sempat menyatakan tidak suka dengan e-commerce asing nan dianggap bisa merugikan UMKM. Namun sikap itu mereda setelah Shopee dan Garena membuka Shopee Solo Creative & Innovation dan Garena Online, nan berada di bawah naungan perusahaan Sea Limited, menjadi sponsor utama klub sepak bola Persis Solo, nan diketahui dimiliki oleh Kaesang Pangarep. Belakangan, muncul dugaan Kaesang mendapat akomodasi jet pribadi dari Gang Ye, bos Shopee.

Berita lain nan juga banyak dibaca adalah tentang nilai kekayaan Gang Ye. Konglomerat asal Singapura sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited itu ,diduga sebagai pemilik jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE nan digunakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk plesiran ke Amerika Serikat.

Selanjutnya adalah buletin mengenai daftar upaya Kaesang nan sebagian besar bangkrut. Meski begitu, dia dan istrinya kerap pamer style hidup mewah.

Lalu buletin mengenai pemerintahan Presiden Jokowi nan memperpanjang insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) sektor perumahan sebesar 100 persen sampai Desember 2024. Langkah itu disambut ceria para pelaku upaya properti.

Berikut rangkuman buletin terpopuler Tempo.co:

  1. Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono belakangan ini menjadi sorotan publik usai diduga menumpangi jet pribadi nan ditengarai dimiliki oleh salah satu petinggi SEA Limited, perusahaan nan menaungi e-commerce Shopee dan Garena. Isu ini tidak hanya melibatkan pasangan tersebut, tetapi juga menyeret nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena diduga mempunyai keterkaitan dengan platform e-commerce tersebut. 

Diketahui, pada awal 2021, Jokowi secara terang-terangan pernah mengkritik e-commerce asing nan mendominasi pasar Indonesia dengan menjual barang-barang impor murah. Bahkan dia menyerukan rayuan kepada masyarakat untuk tidak suka produk asing. 

"Ajakan untuk cinta produk-produk Indonesia kudu terus digaungkan. Gaungkan juga tidak suka produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta tapi juga benci. Cinta peralatan produk kita. Benci peralatan luar negeri," ujar Jokowi dalam aktivitas Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 4 Maret 2021.

Meski tidak menyebut nama secara langsung, banyak pihak nan mengaitkan kritik ini dengan Shopee. Mengingat di tahun tersebut kekuasaan Shopee di pasar Indonesia nan cukup signifikan. 

Apalagi saat itu media sosial diramaikan dengan salah satu nama seller Shopee ialah Mr. Hu nan berasal dari China. Tagar #SellerAsingBunuhUMKM pun ramai muncul di Twitter (sekarang X) lantaran Mr Hu dianggap membunuh UMKM lantaran menjual beragam produk kebutuhan rumah tangga dengan nilai nan murah.

Namun, kritik itu tampak mereda setelah Shopee dan Garena membuka dua Hub krusial di Solo Technopark pada Desember 2021, ialah Shopee Solo Creative & Innovation serta Garena Gaming & Community. Berdirinya Shopee di Solo ini pun menarik perhatian lantaran kota ini adalah kampung laman Presiden Jokowi. 

Kantor Shopee di Solo kala itu ditargetkan menyerap 2.000 tenaga kerja dari masyarakat lokal hingga 2022. "Kantor ini ditujukan untuk mendukung banyak upaya di Kota Solo," Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam aktivitas peluncuran virtual pada Senin, 11 Oktober 2021.

Kritik Jokowi juga terhenti setelah Garena Online, nan berada di bawah naungan perusahaan Sea Limited menjadi sponsor utama klub sepak bola Persis Solo, nan diketahui dimiliki oleh Kaesang Pangarep.

Berita komplit bisa dibaca di sini.

Selanjutnya: Diduga Fasilitasi Kaesang Jet Pribadi, Kekayaan Gang Ye Mencapai Rp 49,6 Triliun...

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis