THE CHAMPIONS TURNAMEN CATUR PERDANA CUP II TAHUN 2024 TINGKAT KABUPATEN JOMBANG DILAKSANAKAN DI SD NEGERI KEPANJEN 2 JOMBANG

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX
 Bu Rini Kepala Sekolah SDN Kepanjen 2 Jombang dalam sambutan. Foto: Bu Rini Kepala Sekolah SDN Kepanjen 2 Jombang dalam sambutan.

Jombang – Pada hari Sabtu (22/6/2024) di SD Negeri Kepanjen 2 Jombang, dilaksanakan sebuah Turnamen Catur Perdana Cup ke 2 tahun 2024 tingkat Kabupaten Jombang. Turnamen ini nan ke dua kalinya di selenggarakan tingkat SD se Kabupaten Jombang.

Catur adalah permainan papan strategi dua orang nan dimainkan pada sebuah papan kotak-kotak nan terdiri dari 64 kotak, nan disusun dalam petak 8×8, nan terbagi sama rata (masing-masing 32 kotak) dalam golongan warna putih dan hitam. Permainan ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Permainan ini juga dimaikna oleh seluruh kalangan orang, baik tua, muda apalagi anak-anak, laki-laki dan wanita juga bisa memainkannya tidak terbatas pada usia.

Upacara pembukaan turnamen catur tingkat SD se Kabupten Jombang di awali dengan menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu dilanjutkan dengan laporan ketua panitia turnamen catur nan disampaikan oleh Bapak Rengga. Dalam laporannya Bapak Rengga meyampaikan bahwa aktivitas ini dilaksanakan atas dasar program kerja ekstra kulikuler catur SDN Kepanjen 2 dan program kerja KKG PJOK Kecamatan Jombang. Kegiatan ini juga bermaksud menghasilkan atlet potensial untuk peningkatan prestasi Catur Kabupaten Jombang, serta memberikan aktivitas nan positif bagi pelajar SD Kabupaten Jombang.

Ibu Saida Setyarini, S.Pd nan merupakan kepala sekolah SD Kepanjen 2, dalam sambutannya didepan para atlet anak-anak beliau menyampaikan bahwa sangat SALUT! Dengan para atlet catur anak-anak nan ikut, menurut beliau bahwa permainan catur ini merupakan satu-satu bagian olah raga nan menggunakan otak dan para atlet catur ini merupakan generasi penerus nan mempunyai jiwa ahli filsafat nan panjang dan tidak semua bisa memainkan catur ini dengan baik. Melatih jam terbang adalah perihal krusial dan juara adalah bonus, Bu Rini terus memberikan semangat kepada anak-anak nan bertanding untuk terus mengasah potensi nan ada di dalam diri masing-masing. Sekali lagi Bu Rini hanya bilang SALUT kepada para atlet.

Ini merupakan agenda program tahunan nan dilaksanakan setiap tahun di bagian cabor Catur, dan ini merupakan salah satu langkah untuk menyiasati dalam penerimaan siswa baru sistem zonasi dengan prestasi, dalam sambutan Pak Irwan sebagai ketua Komite dan beliau merasa prihatin di tahun ini bahwa prestasi olah raga nilainya dibawah saat untuk masuk SMP, angan beliau agar prestasi olah raga ini nilai juga bisa sejajar dengan nan lainnya.

Sebelum aktivitas turnamen catur di buka oleh Ketua KONI Kabupten Jombang Bapak Sumarsono, terlebih dulu beliau menyampaikan beberapa kata sambutan untuk anak-anak peserta atlet Catur. Diawali dengan salam ialah “salam olah raga, jaya jaya jaya” “Jombang… jaya luar biasa” “ Catur… bisa juara”. Beliau juga menyampaikan ini bakal menjadi agenda tahunan untuk mencari para bibit-bibit atlet pemain Catur nan baru, diharapkan anak-anak berlatih secara terus menerus, giat dan tekun serta mendalami secara serius sehingga nantinya bakal mendapatkan bingkisan sebagai juara. Dan semoga salah satu para atlet bisa sampai ke jenjang nasional dan internasional. Kemudian aktivitas turnamen Catur di buka dengan ditandai mengetuk mic sebanyak tiga kali.

Kegiatan Turnamen Catur Perdana Cup 2 Tahun 2024 ini di ikuti oleh sebanyak 78 atlet anak-anak, nan berasal dari seluruh SD nan berada di 13 Kecamatan se Kabupaten Jombang. Kategori nan dipertandingkan meliputi Kelompok Umur Yunior D, Yunior E dan Yunior F putra dan putri. Pelaksanaan hanya satu hari saja.

Setelah para atlet mendapatkan lawannya masing-masing dan menduduki tempatnya, Pak Mustawan Yusuf sebagai Wasit kepala dalam turnamen ini menjelaskan segala peraturan dalam permainan catur kali ini kepada semua para atlet nan bertanding. Setelah semua atlet memahami peraturan nan disampaikan maka pertandingan di mulai. Permainan catur dilakukan alias dimainkan selama 5 babak dengan musuh nan berbeda, dengan waktu setiap permainan selama 20 menit.

Daftar pemenang Turnamen Catur Perdana Cup 2 Tahun 2024 berasas kategori :
Kategori Yunior Putri D : Juara 1 Karunia Ayu R (MI Nizhomiyah Ploso), Juara 2 Natalie Areta Arianto (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara 3 Ananda Ayu Renia Putri (MTS 16 Jombang), Juara Harapan 1 Phan Sheena Bernadette Daniella (SDK Wijana Jombang), Juara Harapan 2 Raissa Putri Adiratna Prasetyo (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 3 Okalina Noya Alzena (SDN Kepanjen 2 Jombang).

Kategori Yunior Putra D : Juara 1 Raska Benkaya Agfikayru (SDN Jombatan Jombang), Juara 2 A. Fatrhir Ghazi Surendra (SMP Al-Furqan Tebuireng Jombang), Juara 3 Naufal Eputra Miftah (SDN Kepatihan Jombang), Juara Harapan 1 M. Nova Arya Wardhana (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 2 Elanda Syahpura Rereandrea (SDN Rejoagung Jombang), Juara Harapan 3 Andhika Raffa Arrasyid Kurniawan (SDN Kepanjen 2 Jombang).

Kategori Yunior Putri E : Juara 1 Velma Tatiana A (MI Nizhomiyah Ploso), Juara 2 Adinda Dewi Permatasari (SDN Jatigedong 2 Ploso), Juara 3 Azizah Nur R. S (MI Nizhomiyah Ploso), Juara Harapan 1 Intan Cahya Kurnia Prameswari (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 2 Viona Terafina Trianto (SDK Wijana Jombang), Juara Harapan 3 Shakila Khanza Azzahra (SDN Kepanjen 2 Jombang).

Kategori Yunior Putra E : Juara 1 Yusuf Ayman Bramantyo (SDN Balongbesuk), Juara 2 Arsakha Shafi Tsani Arumy (MI Nidhomiyah Jombang), Juara 3 Jonathan Chrisbianto (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 1 Ahmad Zakinul Abror (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 2 M. Rizky Al Fanani (MI Nizhomiyah Ploso), Juara Harapan 3 Abdun Nur (MI Nurul Islam Bareng).

Kategori Yunior Putri F : Juara 1 Chelsea Callysta Irawan (SDK Wijana Jombang), Juara 2 Nadien Sulthana Radhiyyah (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara 3 Evalia Pratidina Utomo (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 1 Rania Adiva Disanova (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 2 Aleesha Putri Shafiyah Arumy (MI Nidhomiyah Jombang), Juara Harapan 3 Numahita Zaha Adinda (SDN Kepanjen 2 Jombang).

Kategori Yunior Putra F: Juara 1 Alessio Victory Brilian Saggio (SDK YBPK Mojowarno), Juara 2 Gerald Putra Pratama (SDN Mojongapit 1 Jombang), Juara 3 Fahmi Shagufta Ibrahim (MI Sunankalijogo 2 Jombang), Juara Harapan 1 Ahmad Uwais Jalil (SDN Kepanjen 2 Jombang), Juara Harapan 2 Muhammad Bahrul Asror (MIN 1 Jombang), Juara Harapan 3 Shahabuddin Muhammad Shah Jahan (SDN Kepanjen 2 Jombang).

Post Views: 2

Selengkapnya
Sumber salamolahraga.com Olahraga
salamolahraga.com Olahraga