Tips dan Langkah Melakukan Selfie dalam Pendaftaran CPNS 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -  Saat pendaftaran CPNS 2024 dibuka, calon pelamar diwajibkan mengunggah swafoto alias selfie sebagai bagian dari proses pendaftaran. Berikut adalah langkah-langkah dan tips untuk memastikan swafoto Anda sesuai dengan ketentuan.

Cara Mengunggah Swafoto di SSCASN

Dilansir dari Buku Petunjuk Pendaftaran Calon ASN Tahun 2024, berikut adalah langkah nan perlu dilakukan untuk mengunggah swafoto pada laman SSCASN.

  1. Buat Akun di Portal SSCASN

Langkah pertama adalah membikin akun di portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) melalui laman www.sscasn.bkn.go.id. Klik opsi “Buat Akun” dan isi semua info diri nan diminta dengan benar.

  1. Akses Menu Unggah Swafoto

Setelah akun Anda sukses dibuat dan info diri diisi, masuklah ke menu unggah swafoto. Pada laman tersebut, Anda bakal diminta untuk mengklik “Ambil Foto”.

  1. Posisikan Kamera dengan Benar

Pastikan kamera pada perangkat komputer alias laptop Anda berada di posisi nan tepat. Posisikan kamera di tengah wajah Anda dengan sedikit close up. Pastikan wajah Anda tampak jelas dan tidak terhalang oleh objek lain.

  1. Ambil dan Simpan Foto

Klik “Ambil Foto” untuk memulai proses pengambilan swafoto. Jika foto sudah sesuai dengan ketentuan, klik “Simpan Foto”. Jika foto tidak sesuai, Anda bisa mengklik “Foto Ulang” untuk mengambil swafoto kembali.

  1. Konfirmasi Keberhasilan Unggah

Setelah sukses mengunggah swafoto, bakal muncul notifikasi “Unggah Pasfoto Berhasil” pada layar. Pastikan Anda memandang notifikasi ini untuk memastikan swafoto Anda telah diterima dengan baik.

Tips Swafoto

Terdapat beberapa tips agar hasil swafoto pada laman pendaftaran CPNS 2024 terlihat jelas, sehingga pendaftaran bisa berhasil. Berikut adalah tipsnya.

  1. Pilih Background nan Tepat

Iklan

Pilih tempat dengan latar belakang polos alias minim distraksi. Background nan sederhana membantu sistem mengenali wajah Anda dengan lebih baik.

  1. Pastikan Pencahayaan Cukup

Ambil swafoto di tempat nan cukup terang. Hindari pencahayaan nan terlalu terang alias gelap untuk menghindari foto nan blur.

  1. Jangan Gunakan Kacamata

Usahakan untuk tidak mengenakan kacamata saat mengambil swafoto lantaran kacamata dapat menghalangi sebagian wajah Anda.

  1. Gunakan Pakaian Formal

Meskipun tidak ada ketentuan khusus, menggunakan busana umum dan sopan saat swafoto disarankan untuk menciptakan kesan profesional.

Perbedaan dengan Foto Formal alias Pasfoto

Swafoto mempunyai beberapa perbedaan dari foto umum alias pasfoto. Berbeda dengan pasfoto nan biasanya diambil dengan latar belakang warna tertentu seperti merah alias biru, swafoto biasanya dilakukan dengan latar belakang polos.

Dalam perihal pakaian, swafoto tidak mengharuskan busana umum berkerah seperti pada foto formal. Selain itu, ukuran swafoto di SSCASN dibatasi maksimal 200 KB, berbeda dengan ukuran foto umum nan mungkin lebih besar sesuai ketentuan lembaga.

Pilihan editor: Daftar Formasi CPNS Kemenko Perekonomian 2024 untuk Lulusan D3 Hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis