Viral Mobil Zoe Levana Terjebak di Jalur Busway, Dishub DKI Buka Suara

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta buka bunyi soal video Zoe Levana viral di media sosial TikTok @zoecerewet tentang pengendara mobil nan mengaku terjebak di antrean jalur Busway.

"Kami telah berkoordinasi dengan rekan-rekan Kepolisian untuk tindak lanjutnya," ujar Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/5) pagi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syafrin menjelaskan Pasal 106 ayat (4) huruf a dan b Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mengatur setiap orang nan mengemudikan kendaraan bermotor di jalan mematuhi ketentuan rambu perintah alias rambu larangan dan marka jalan.

"Pelanggaran dikenai hukuman Pasal 287 ayat (1) berupa pidana kurungan paling lama dua bulan denda maksimal sebesar Rp500.000," tegas Syafrin.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, Syafrin turut menyinggung Pasal 2 ayat (7) Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum nan melarang kendaraan bermotor roda dua alias lebih memasuki jalur busway.

"Pelanggaran dikenakan hukuman Pasal 61 ayat (3): Ancaman pidana kurungan paling singkat 30 hari dan paling lama 180 hari, alias denda paling sedikit Rp5.000.000 dan paling banyak Rp50.000.000," jelas dia.

Adapun Syafrin mengimbau masyarakat agar menaati rambu-rambu lampau lintas dan marka jalan, serta menaati pengarahan petugas di lapangan.

Pemilik akun media sosial TikTok @zoecerewet mengaku tidak sengaja masuk jalur busway dan akhirnya terjebak di antrean bus TransJakarta dalam sebuah video nan diunggahnya.

Pada Selasa pagi, video tersebut telah disaksikan sebanyak 6,2 juta kali, mendapat 181,4 ribu likes, hingga 15,9 ribu komentar.

Pada awal video, dijelaskan bahwa kreator video itu mengaku nyangkut. Dia pun keluar mobil dan menampilkan perihal nan dimaksud.

"Kita enggak sengaja ke jalur busway lantaran ibu salah nyetir. Di depan ada bus dan dia enggak jalan dari tadi. Di belakang juga ada bus. Jadi kita stuck dan kita di sini ada (red, pembatas jalan). Jadi kita enggak bisa jalan, guys," kata kreator video.

Video lampau menampilkan antrean bus TransJakarta di depan dan belakang mobil berwarna silver tersebut.

"Can you guys help me? Like solusinya gimana? please komen di bawah, saya panik ini, empat jam katanya ini sampai jam empat," kata dia.

CNNIndonesia.com telah menghubungi penggungah video untuk meminta izin kutip unggahan tersebut.

(pop/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional