Wakil Presiden Dorong Perbaikan Iklim Investasi untuk Ciptakan Lapangan Kerja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menunjukkan komitmen pemerintah terhadap reformasi pasar tenaga kerja Indonesia dengan mempromosikan kesempatan investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia kepada para investor.

“Dengan adanya perbaikan suasana investasi dan memastikan keberlanjutan reformasi, kami kudu memastikan penanammodal terdorong untuk menanamkan modal. Kami bakal membuka lebih banyak kesempatan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam aktivitas Naker Award di JIExpo Kemayoran, JUmat, 23 Agustus 2024.

Ia mengatakan,kompleksitas tantangan di bumi pasar kerja, maka krusial mereformasi tata kelola pasar tenaga kerja Indonesia. Ma’ruf mengklaim, Undang-Undang Cipta Kerja sebagai salah satu upaya reformasi tata kelola pasar tenaga kerja.

“Dengan penyederhanaan proses perizinan dan pemberian insentif bagi investasi Undang-Undang Cipta Kerja bakal menarik lebih banyak lagi investasi domestik dan asli,” kata Ma’ruf.

Ia mengharapkan, peningkatan investasi bisa membuka lebih banyak kesempatan upaya baru dan memperluas upaya nan sudah ada sehingga dapat meningkatkan permintaan tenaga kerja. “Selanjutnya perbaikan dari sisi penawaran terus kami lakukan melalui revitalisasi training vokasi untuk mendorong peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pembangunan ribuan BLK, komunitas, dan training vokasi online,” ujar dia.

Iklan

Selain itu, pada kesempatan nan sama, Ma’ruf meminta pengembangan dan penyempurnaan sistem info pasar kerja nan telah ada. Kementerian Ketenagakerjaan alias Kemenaker, kata dia, kudu bisa mengarahkan bumi pendidikan dan training guna mencetak talenta-talenta nan dibutuhkan oleh bumi kerja.

“Sistem ini kudu bisa menurunkan biaya rekrutmen tenaga kerja hingga membikin perusahaan menjadi semakin kompetitif. Sempurnakan pencocokan skill dan kebutuhan dalam pasar tenaga kerja melalui optimasi pemanfaatan sistem sehingga dapat mengurangi kesenjangan di sisi permintaan dan penawaran tenaga kerja,” kata Ma’ruf.

Pilihan Editor: Daftar Formasi CPNS KKP 2024 untuk Lulusan SMA hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis