Walhi Sulsel Minta Ormas Agama Tidak Berbisnis Tambang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Selatan angkat bicara soal rencana pemerintah bakal memberikan izin pertambangan bagi ormas keagamaan nan dianggap bakal berkonflik dengan masyarakat.

Direktur Walhi Sulawesi Selatan, Muhammad Al Amin mengatakan sebaiknya ormas keagamaan datang di tengah masyarakat bukan untuk berkonflik dan menambah kerusakan lingkungan. Sehingga, sambungnya, tawaran mengelola tambang dari pemerintah itu kudu ditolak ormas-ormas keagamaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya berambisi sekali agar ormas Islam, Kristen, Budha, Hindu dan agama-agama lainnya menolak tawaran pemerintah untuk mengusulkan IUP dan berbisnis tambang. Ditambah lagi langkah Ini seperti upaya pemerintah untuk membenturkan antara masyarakat korban tambang dengan ormas keagamaan," kata Amin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6).

Menurut Amin, ormas kegamaan sebaiknya menjalankan upaya alias pengelolaan upaya nan sesuai dengan visi misi organisasi masing-masing sebagai pengayom masyarakat dan umat beragama. Dia mencontohkan seperti di bagian pendidikan, kesehatan, dan upaya di jasa lainnya.

Menurutnya jika ormas keagamaan ikut berbisnis tambang, perihal tersebut sudah jauh dari spirit dan visi misi ormas keagamaan.

"Mewakili penduduk nan terdampak tambang, maupun penduduk nan bakal terdampak tambang, memohon dengan sangat agar ketua-ketua ormas untuk tidak berbisnis tambang. Tetap menjalankan kebaikan upaya seperti saat ini," ujarnya.

Risiko bentrok ormas kepercayaan vs masyarakat lantaran tambang

Saat ini, tutur Amin, bentrok lingkungan nan kerap mengorbankan petani, nelayan, masyarakat budaya dan wanita selalu melibatkan perusahaan. Jika ormas keagamaan ikut berbisnis tambang, diprediksi bentrok tersebut juga bakal terjadi antara masyarakat dengan organisasi itu.

"Hal itulah nan saya maksud pemerintah mau membenturkan antara masyarakat, organisasi lingkungan dengan ormas keagamaan. Jadi agar tidak terjadi perihal nan kami khawatirkan. Kami minta ormas tidak berbisnis tambang dan upaya ekstraktif lainnya," ujar Amin.

Oleh lantaran itu, pihaknya memohon kepada Ketua PP Muhammadiyah, Ketua PBNU dan ketua-ketua Ormas lainnya untuk menguatkan pernyataan untuk menolak rencana pemerintah tersebut.

"Demi keselamatan rakyat saat ini dan generasi nan bakal datang, serta untuk kelestarian lingkungan, saya minta agar NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas keagamaan lainnya menolak pemberian konsesi tambang dan tidak berbisnis di sektor ekstraktif," katanya.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional