Waspadai Penyebaran Virus Mpox, 16 Bandara Internasional Pasang Alat Pengukur Suhu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Angkasa Pura (InJourney Airports) menyiapkan perangkat monitoring suhu tubuh di beragam bandara sebagai langkah meningkatkan kewaspadaan di tengah peningkatan status penyakit Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat nan Meresahkan Dunia (KKM-MD) alias Public Health Emergency of International Concern oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi menyampaikan, InJourney Airports melalui bandara-bandara nan dikelola telah menjalin koordinasi secara intensif dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK). Di terminal kehadiran internasional setiap airport telah ditempatkan thermal scanner untuk mengukur suhu badan pengguna jasa airport sebagai langkah penemuan dini.

Ia mengatakan, 16 airport internasional InJourney Airports terus meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi potensi penyebaran virus Mpox di tengah peningkatan status virus Mpox secara global. “Kami memastikan bahwa operasional kebandarudaraan serta pelayanan kepada seluruh pengguna jasa airport tetap terjaga secara optimal,” ujar Faik Fahmi dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, 29 Agustus 2024. 

Diketahui, di bulan September mendatang Indonesia bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan beberapa aktivitas internasional, ialah Indonesia Africa Forum (IAF) pada 1-3 September dan Bali International Airshow pada 18-21 September nan dilaksanakan di Bali, kemudian aktivitas Indonesia International Sustainability Forum (IISF) pada 5-6 September di Jakarta, serta kejuaraan bumi MotoGP di Lombok pada 27-29 September.

“Langkah preventif ini kami ambil sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pencegahan dan penyebaran virus Mpox secara khusus, serta guna mendukung kelancaran penyelenggaraan beragam event internasional tersebut,” jelas Faik Fahmi.

Sebelumnya, merujuk pada info terbaru Kementerian Kesehatan pada Sabtu, 17 Agustus 2024, terdapat 88 kasus Mpox di Indonesia. Secara rinci, kasus terkonfirmasi di DKI Jakarta sebanyak 59, Jawa Barat 13, Banten 9, Jawa Timur 3, Daerah Istimewa Yogyakarta 3, dan Kepulauan Riau 1.

Iklan

Dari jumlah tersebut, sebanyak 87 kasus telah dinyatakan sembuh. Tren mingguan kasus konfirmasi Mpox di Indonesia dari 2022 hingga 2024, menunjukkan periode dengan kasus terbanyak terjadi pada Oktober 2023.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, fatalitas kasus penyakit nan sebelumnya disebut cacar monyet itu rendah dan tetap terkendali. “Ini bisa diobati dan tingkat fatalitasnya mini sekali, semua nan sakit di Indonesia sembuh, jadi enggak usah khawatir, apalagi jika dari cacar, itu kan sudah ada vaksinnya,” ujar Menkes Budi saat ditemui Tempo di Jakarta, Senin, 27 Agustus 2024. 

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Presiden Jokowi Tempati IKN Setelah Landasan Bandara Tuntas September 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis