Yasonna Laoly Bangga Dapat Penghargaan CNN Indonesia Awards 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Medan, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengaku bangga mendapatkan penghargaan dalam CNN Indonesia Awards dengan kategori 'Outstanding Dedication to Law Enforcement and Anti-Corruption Movement'.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung (CT) kepada Yasonna di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (9/8)

"Ini dari CNN dan betul benar surprise dan betul sangat membanggakan," kata Yasonna.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yasona mengatakan mempunyai latar belakang sebagai akademisi. Ia memutuskan terjun ke politik menjadi personil DPRD Sumut periode 1999-2004 dari Partai PDI-Perjuangan.

Kemudian, Yasonna terpilih sebagai personil DPR RI mewakili PDI Perjuangan dari wilayah Sumatera Utara I pada 2004. Ia mengaku sudah lima periode terpilih sebagai personil DPR.

Yasonna menyebut sebenarnya hanya mau sejenak di bumi politik, namun dirinya ketagihan sampai hari ini. Yasonna pun dipercaya menjabat sebagai Menkumham periode 2014-2019 dan 2019-2024.

"Saya terus mencoba melakukan nan terbaik dengan latar belakang nan ada melakukan beberapa perbaikan, perbaikan," ujarnya.

Yasonna menyebut beberapa upaya perbaikan itu dilakukan dengan mendorong revisi alias mengesahkan UU nan sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

Selain itu, dia mengaku fokus dalam mengedepankan teknologi untuk pelayanan masyarakat di Kementerian Hukum dan HAM.

"Kemenkumham adalah salah satu nan terbaik dalam penyelenggaraan teknologi digita. Hanya dengan penggunaan teknologi digital menggunakan teknologi kita dapat mempercepat pelayanan," katanya.

Dalam pidatonya, Yasonna juga mengungkapkan kedekatannya dengan Chairman CT Corp Chairul Tanjung. Ia menyebut dirinya dan Chairul Tanjung mempunyai kesamaan lantaran lahir di Sorkam, Tapanuli Tengah.

"Kalo Pak CT itu dikenal dengan si anak singkong nan sukses, jika saya menulis kitab 'anak kolong menjemput mimpi.'," ujarnya.

Yasonna punya perhatian unik terhadap penegakan hukum. Terutama, memerangi korupsi. Tahun 2019 saja, 43 Satker di Kemenkumham mendapatkan Zona Integritas (ZI).

Sebanyak 39 Satker di antaranya berpredikat Wilayah Bebas dan Korupsi (WBK) dan empat Satker berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pria asal Sibolga ini telah dipercaya menjadi Menkumham selama dua periode sejak 2014.

Awards ini dihadiri langsung Pj Gubernur Agus Fatoni, Kajati Sumut Idianto, Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Direktur Transmedia Latif Harnoko, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, dan beberapa pejabat lain.

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards kali pertama diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Maret dengan topik "Dari Sulsel untuk Nusantara".

Kemudian arena kedua digelar di Kabupaten Badung, Bali, pada 13 Mei 2024. Lalu, CNN Indonesia Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli lalu.

(yla/fra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional